Redam Getaran di Batok Motor dengan Modal Rp 10 Ribu

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 26/12/2016 13:20 WIB
Ada cara murah dan aman untuk mengurangi getaran di batok atau bodi motor karena terlalu sering digunakan. Biayanya hanya Rp 10 ribu saja. Ilustrasi (Foto: CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Getaran pada bodi kendaraan, mungkin sudah menjadi sesuatu yang wajar bagi para pengendara sepeda motor. Biasanya, getar akan lebih terasa di bagian kepala (batok) sepeda motor.

Meski tidak akan berpengaruh ketika bermanuver di jalan raya, efek getaran tentu sangat menganggu saat melintasi jalanan berbatu.

Untuk membuang getaran tersebut, ada baiknya pengendara tidak terburu-buru untuk mengganti secara utuh bodi kendaraan. Karena dengan modal tidak mencapai Rp 10 ribu, suara getar pada motor akan hilang seketika.


"Biasanya kalau untuk getar itu ada alternatif. Kami sih biasanya pakai peredam saja. Ada namanya double tip, nah sifatnya bukan perekat. Perekatnya tidak seperti pada lem umumnya," kata Senior Mekanik Honda Motor Care Ahmad Fauzi saat berbincang dengan CNNIndonesia.com.

Jadi, jika sudah terpasang di bodi kendaraan tentu tidak akan merusak, saat sewaktu-waktu ingin dibuka.

Menurutnya, produsen resmi memang tidak mengeluarkan double tip khusus tersebut. Double tip tersebut tidak seperti perekat kertas. Isolasi khusus itu berwarna hijau, dan agak tebal di bagian sisinya seperti gabus.

"Yang warna hijau, itu beli di luar ada kok. Banyak di bengkel. Agak tebal, seperti gabus gitu. Kalau kami pasang ditekan, jadi menciut," ujar dia.

Mekanik, kata dia, biasa memasang double tip itu dengan cara direkatkan antara kedua list cover bodi bagian dalam. Otomastis, setelah dipasang tidak akan tampak dari sisi luar bodi.

Untuk urusan daya tahan, Fauzi yakin bahwa hasilnya tidak akan jauh berbeda, dengan kondisi bodi sepeda motor baru.

"Tergantung si pemakai, kalau pemakai itu lebih telaten ya hasilnya bagus. Ketahanan itu tergantung dibuka atau tidak. Kalau dia dibuka, sifatnya sudah pudar dong," kata dia.

(tyo)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK