China Gelar Rencana ke Bulan, Mars dan Buru Kehidupan Alien

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Kamis, 29/12/2016 13:04 WIB
Sederet misi ambisius China untuk jelajah luar angkasa, mulai dari bertamu ke Bulan, Mars, hingga mencari kehidupan asing di luar Bumi. Sejumlah awak astronaut China yang baru mendarat dari luar angkasa beberapa waktu, menandakan China serius berkiprah di dunia keantariksaan. (REUTERS/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan antariksa China (CNSA) baru-baru ini merilis rangkaian rencana ambisius yang tujuannya mendominasi penjelajahan luar angkasa, serta tentu saja menyaingi NASA hingga SpaceX. Apa saja rencana tersebut?

Dalam laporan yang bertajuk China's Space Activities in 2016, CNSA menjabarkan sejumlah misi antariksa yang akan dicapainya tak lupa dengan pengembangan teknologi mutakhir.

Diumumkan oleh wakil pimpinan CNSA Wu Yanha, tujuan pertama CNSA adalah Bulan.


CNSA berencana mengirim rangkaian robot ke permukaan Bulan selama 10 tahun.

Misi terdekat yang akan dilakukannya adalah mengirim robot tersebut pada 2017 untuk mengambil sampel batuan di Bulan. Setelah berhasil, CNSA akan kembali mengirim robot penjelajah untuk mengarungi bagian yang belum terjamah di Bulan.

"CNSA juga akan menjalankan eksplorasi robotika ke kutub utara dan selatan Bulan sebanyak dua kali dalam kurun lima dan 10 tahun," kata Yanha, seperti dikutip dari portal Gizmodo.

Selain Bulan, tentu tak afdol apabila tidak menyentuh Planet Merah sebagai destinasi penjelajahan.

CNSA percaya diri mampu meluncurkan pesawat antariksa pertamanya ke Mars pada 2020 mendatang. Wahana antariksa yang disebut CNSA melingkupi orbiter, lander, dan kendaraan robotika seperti Curiosity milik NASA.

Penjelajahan ke Mars itu diharapkan bisa membawa sampel batu dari permukaan sang planet.

Lebih lanjut, CNSA juga berambisi untuk menyambangi sabuk asteroid dan sistem Jupiter. Tak lupa, misi pencarian kehidupan alien di luar angkasa.

Terlepas dari misi antariksa, CNSA berniat mengembangkan wahana pintar yang ramah lingkungan untuk memboyong kargo ke luar angkasa, hingga mempelajari perubahan iklim global dan bencana alam.

(hnf/hnf)