Volvo Buat Fitur Panggilan Video Saat Berkendara

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Selasa, 03/01/2017 09:56 WIB
Volvo Buat Fitur Panggilan Video Saat Berkendara Volvo menanamkan Skype di varian S90 mereka untuk memastikan kelancaran bisnis bagi konsumennya. (Reuters/Carlos Barria)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fitur yang mendukung komunikasi saat berkendara dengan mobil biasanya seperti Apple CarPlay dan Android Auto. Bagaimana jika fitur Skype ikut ditanamkan?

Berkolaborasi dengan Microsoft, produsen asal Swedia Volvo mengambil langkah besar untuk menanamkan fitur video call Skype ke produk unggulannya seri 90.

Bahkan produsen seperti Porsche dan BMW hanya mengembangkan sistem mereka sendiri seperti menggunakan ponsel yang tersambung ke entertainment mobil.


Dilansir dari Motor1, Jumat (30/12). Volvo memang menjadi produsen pertama yang menggunakan Skype untuk fitur tambahan pada kendaraan. Dan akan terpasang pada layar konsol tengah, dengan satu sentuhan, dan bahkan catatan rekaman panggilan.

Skype di kendaraan Volvo sendiri bernama 'Skype for Business' dan fitur itu kelak bisa dinikmati pada S90, V90, serta XC90.

"Kita semua pernah mengalami situasi saat kita mencoba melakukan conference call yang hasil akhirnya adalah gagal, atau smartphone jatuh kala mencoba menyambung koneksi, atau Anda lupa kode PIN panjang agar bisa bergabung ke pembicaraan. Itu bukanlah cara terbaik untuk memulai sebuah pembicaraan penting di dalam mobil," kata Vice President Consumer Connectivity Services Volvo Car Group Anders Tylman-Mikiewicz.

"Di atas semuanya, perhatian Anda haruslah diarahkan kepada yang seharusnya yaitu ke jalanan. Dengan adanya Skype for Business, semua itu dapat dilakukan," tutupnya.

Volvo kemudian menjelaskan bahwa Skype for Business hanya bisa digunakan untuk voice conference call, bukan video conference call. Hal ini dilakukan karena video memiliki potensi lebih untuk membuat perhatian teralihkan dari jalan raya.

Selain Skype, Volvo juga berencana untuk memasang sistem Cortana, sebuah sistem digital asisten pribadi untuk mobil masa depannya. (Tat/pit)


BACA JUGA