Robot NASA Temukan Batu Warna Ungu di Mars

Hani Nur Fajrina , CNN Indonesia | Minggu, 08/01/2017 06:02 WIB
Robot NASA Temukan Batu Warna Ungu di Mars Batu-batu berwarna ungu yang ditangkap oleh Curiosity di permukaan Mars (NASA/JPL-Caltech/MSSS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Planet Mars selalu identik dengan warna merah kecokelatan karena permukaannya yang tandus dan kering. Belakangan, foto yang dihasilkan oleh Curiosity menunjukkan ada batu-batu yang cenderung berwarna keunguan.

Penjelajah robotika Curiosity milik NASA memang getol menemukan fenomena baru di Planet Merah. Batu-batu yang berwarna ungu itu ditemukan di dekat kaki Gunung Sharp.

Sejumlah foto yang belum lama ini diterima tim peneliti NASA tersebut menggunakan instrumen kamera milik Curiosity, Mast Camera (Mastcam). Foto-foto itu dijepret pada 10 November lalu.

"Variasi warna tersebut menjadi petunjuk mengenai ragamnya komposisi batu di bagian kaki Gunung Sharp," ujar juru bicara NASA, seperti dikutip dari situs Space.com.

NASA melanjutkan, "warna ungu di bagian depan batu bisa dilihat di batu-batu lain ketika instrumen Chemical and Mineralogy milik Curiosity yang mendeteksi hematite."

Gunung Sharp memiliki ketinggian sekitar 4,8 kilometer dari pusat Kawah Gale yang membentang luas selebar 154 kilometer.

Sejak Curiosity mengarungi Kawah Gale pada 2012, ia sering menemukan bukti baru di permukaan yang merujuk bahwa area tersebut berpotensi mendukung kehidupan mikroba di masa lampau.

"Angin dan pasir yang tertiup angin di musim seperti ini cenderung membuat batu-batu terbebas dari debu. Debu tentu saja bisa menutupi warna aslinya," sambung pihak NASA.

Hasl foto yang ditangkap Curiosity ini akan membantu tim ahli geologi mempelajari pola warna pada batu yang sekiranya tak asing bagi Bumi.


BACA JUGA