CES 2017

Toyota Benamkan 'Siri' untuk Mobil Otonom Anyarnya

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Kamis, 05/01/2017 18:06 WIB
Toyota Benamkan 'Siri' untuk Mobil Otonom Anyarnya Toyota Concept-i yang dipamerkan di pameran teknologi CES 2017 di Las Vegas, AS (REUTERS/Rick Wilking)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota tampaknya tidak ingin tertinggal dari raksasa otomotif lain untuk membuat kendaraan roda empat tanpa kendali supir. Pabrikan asal Jepang itu menghadirkan mobil pintar Concept-i lengkap dengan asisten digital.

Toyota memperkenalkan Concept-i pada pameran teknologi CES 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat yang diselenggarakan pada 5-8 Januari mendatang.

Concept-i hadir dengan desain futuristik dengan bentuk aerodinamis dan tentunya berbekal teknologi otonom.


Layaknya perangkat mobile pintar seperti iPhone dengan Siri dan Pixel dengan Assistant, Toyota berhasil menarik perhatian lantaran perusahaan membenamkan sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) berbentuk asisten digital bernama Yui.
Bagian interior Toyota Concept-iBagian interior Toyota Concept-i (REUTERS/Rick Wilking)
Mengutip portal berita The Verge, Yui dirancang untuk berkomunikasi dengan pengguna secara bebas dan terbuka.

Toyota menyematkan Yui di dalam sebuah layar yang diletakkan di bagian dashboard mobil. Pengemudi dan penumpang bisa berinteraksi secara langsung dengan Yui dengan perintah suara, sebagaimana cara kerja asisten digital pada ponsel umumnya.

Selain di dashboard mobil, Yui juga dibenamkan di panel-panel pintu eksterior yang berguna menyambut pengemudi dan penumpang.

Canggihnya, Yui disebut-sebut bisa menyesuaikan permintaan bahasa yang diinginkan si pengguna.

Saat ini masih belum ada informasi lebih lanjut kapan Toyota Concept-i dijual di pasaran. (hnf/hnf)