Tri Belum Tertarik Akuisisi Startup Binaannya

Bintoro Agung Sugiharto, CNN Indonesia | Selasa, 10/01/2017 04:16 WIB
Meski membina langsung empat startup di bawah program inkubatornya, Tri mengaku masih enggan untuk langsung mengakuisisinya. Logo Tri (CNN Indonesia/Ervina Anggraini)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hutchison Tri Indonesia baru meluncurkan program inkubasi startup. Meski membina langsung, perusahaan mengaku masih enggan mengakuisisi startupnya.

"Kita belum ada rencana ke sana karena kita mau lihat business plan selama empat hari ke depan dulu," ujar Juliandi George Fransiskus selaku Head of Customer Engagement & Operations Tri yang bertugas mengawal program inkubasi di Jakarta, Senin (9/1).

Juliandi juga menampik jika dalam waktu dekat program pengembangan startup ini akan dipecah menjadi unit bisnis tersendiri. Pasalnya, Tri masih ingin fokus memoles potensi bisnis yang terdapat di empat startup yang mereka tangani.


Yang jelas, dalam program ini Tri berkomitmen menemani para startup hingga dua tahun ke depan. Kerja sama mereka berupa pendanaan, jejaring, serta pengembangan bisnis.

Empat startup yang terdaftar dalam program inkubasi Tri adalah mengundang.co, SoKu.id, WI4GO, dan SellBuyTime yang disaring dari 225 proposal startup di tiga kota Bandung, Yogyakarta, dan Makassar.

Nama terakhir merupakan salah satu startup yang menarik. SellBuyTime merupakan wujud marketplace yang mendaku dirinya sebagai platform jual beli waktu luang dan keahlian.

Okky Vanda, salah satu pendiri SellBuyTime, menyebut startup miliknya mampu mempertemukan individu dengan kemampuan tertentu yang waktunya luang dengan orang yang membutuhkan jasa mereka.

Ia menilai jasa yang ia jual mirip dengan platform Sribulancer.

"Kita dengan Sribulancer memang mirip, tapi kategori segmen kita kan jasa ya," ujar pria yang biasa disapa Ivan itu.

Ia mengklaim telah memiliki sekitar 600 tenaga di berbagai bidang baik formal maupun informal yang dapat diakses melalui aplikasi mobile di Android.

Bersama tiga startup lainnya, SellBuyTime akan menjalani bootcamp selama empat hari ke depan untuk memoles bisnis model mereka. Keempatnya akan ditempa oleh profesional Tri yang bertugas mengawasi program inkubasi ini. (hnf/hnf)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK