Line Tantang Developer Buat Bot Bermutu

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Senin, 06/02/2017 12:09 WIB
Line Tantang Developer Buat Bot Bermutu Aplikasi Line (CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aplikasi pesan instan Line mengajak para pengembang atau developer Indonesia untuk membuat bot bermutu, positif dan bermanfaat.

Kompetisi ini selain digelar oleh Line Indonesia juga didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Dicoding dalam tajuk Line Developer Challenge. Hajatan ini sendiri terbuka bagi developer tanah air, baik individu, pelajar maupun kelompok.

Nantinya, mereka diajak untuk mengembangkan bot pada platform Line dengan menggunakan Line@ Messaging API (Line ChatBot). Pendaftaran kompetisi telah dibuka sejak 2 Februari 2017 dan ditutup pada 31 Maret 2017, sedangkan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 8 April 2017.

“Kompetisi ini merupakan salah satu upaya kami untuk menjadi pemimpin di inovasi chat bot dan mendekatkan jarak dengan para developer Indonesia. Kami percaya para developer Indonesia bisa menciptakan inovasi yang luar biasa dan membantu mewujudkan impian kami,” kata Ongki Kurniawan, Managing Director Line Indonesia.


“Lewat Line Developer Challenge, kami mengajak dan memberi saluran untuk talenta lokal agar dapat mengeksplorasi, mengembangkan potensi, serta berkontribusi untuk pembangunan ekosistem digital kreatif Indonesia,” ujarnya.

Ada dua kategori dalam kompetisi ini, Kategori Utilitas dimana para developer ditantang untuk membuat bot yang bisa membantu tugas sehari-hari lebih mudah dan menjadikan hidup semakin bermanfaat. Sedangkan kategori Game dimana para developer dapat menciptakan game bot yang interaktif dan dapat menciptakan kedekatan antar pengguna.

“Karena kompetisi ini berskala Nasional, bersama dengan partner kami Bekraf dan Dicoding, kami akan mengadakan rangkaian roadshow berupa workshop mengenai Line ChatBot,” lanjut Ongki Kurniawan.

Roadshow yang akan dilaksanakan selama bulan Februari akan berlangsung di beberapa kota di Indonesia, seperti Bandung (6&7 Februari 2017), Jakarta (8 Februari 2017), Yogyakarta (8 Februari 2017), Bali (9 Februari 2017), Surabaya (10 Februari 2017), Depok (16 Februari 2017), dan Tangerang (20 Februari 2017).

Selain Bekraf dan Dicoding, LINE juga bekerja sama dengan IBM, Microsoft sebagai Infrastructure Partners, East Ventures dan Kejora sebagai Investment Partners,Kata.ai sebagai API Partner, dan beberapa komunitas lainnya untuk mensukseskan kompetisi ini.

(tyo)