MV Agusta Brutale 800, Motor Besar yang Memukau

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Kamis, 09/02/2017 10:40 WIB
MV Agusta Brutale 800, Motor Besar yang Memukau MV Agusta Brutale 800. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Motor Varese Indonesia (MVI) meluncurkan motor terbarunya di segmen premium Rabu (8/2). Peluncuran ini bersamaan dengan ditunjuknya MVI sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) MV Agusta Indonesia.

Kali ini MVI meluncurkan superbike The New MV Brutale 800 yang ditujukan bagi pecinta motor berkubikasi besar di seluruh penjuru tanah air. The New Brutale 800 ialah motor ke empat keluaran MVI untuk Indonesia.

Menurut Chairman MVI Agusta Indonesia William Tarjanto dengan peluncuran produk terbarunya, saat ini MV Agusta tidak melulu fokus terhadap kinerja mesin, melainkan juga tetap menyempurnakan kualitas pada keindahan desain produknya.


"Sehingga dapat meningkatkan tingkat kenyamanan pengendara dan menciptakan impresi sempurna, pada sepeda motor," kata William di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (8/2).

Ia berujar, The New MV Agusta Brutale 800 ialah hasil riset dalam beberapa tahun, dalam hal desain, baik eksterior hingga mesin. Bagi dia, walau bertenaga besar, motor ini tetap efektif digunakan dalam keseharian.

"Tetapi tetap memiliki performa sport yang lebih efisien dari seri-seri sebelumnya," kata dia.

Meskipun MV Agusta sudah memiliki nama dalam segmen kendaraan premium di berbagai negara, namun hal itu belum berlaku di Indonesia. Oleh karenanya, MVI menginginkan ke depan dapat mengembangkan dan mengenalkan MV Agusta sebagai brand image di Indonesia.

Untuk membawanya pulang, MVI membandrol The New MV Brutale 800 seharga Rp530 juta, on the road Jakarta. Sebagai penunjang, MV Agusta sudah melengkapi pelayanan after salesnya. Terdapat empat lokasi after sales MV Agusta, diantaranya Jakarta, Surabaya, Bali dan Balikpapan.

"Oleh karena itu kami bangga menyebut The New Brutale 800 sebagai The Best Brutale of All Time," ucap William.

Sebagai gambaran, desainer memberikan ubahan lebih indah dan elegan dari tampak luar kepada The New MV Brutale 800, dari generasi sebelumnya. Tipe kali ini memiliki desain lebih indah, dengan garis body tajam namun tetap sporty. Tidak hanya tampil sporty, motor ini juga tampak lebih stylish dengan bentuk elliptical dari headlamp LED. Serta sistem pembuangan, knalpot tiga pipa diperbesar bentuk dan kapasitasnya.

Untuk menekankan aura agresif, motor ini memiliki sebuah saddle chassis berdesain futuristik yang dibentuk dari logam campuran ringan, serta paduan air box dan tangki trapesium berkapasitas 16,5 liter.

Fitur terbaru lainnya pada motor ini termasuk, passenger handles yang tertutup, double saddle, lampu belakang dan indikator LED serta digital instrument panel yang sudah diperbaharui.

Untuk bagian mesin produsen juga melakukan improvisasi di dalamnya. New MV Brutale Agusta 800 membawa mesin tiga slinder, dengan counter-rotating crankshaft. Mesin tersebut dipercaya dapat memberikan torsi lebih baik pada rev range yang kerap digunakan. Sehingga torsi maksimum meningkat 25 persen, dengan 83 Nm pada 7600 rpm.

Produsen juga turut menyertakan peraturan gas emisi Euro IV, tenaga harus mengalami reduksi dari 125 hp ke 116 hp. Selain dari mesin juga dilengkapi dengan slipper clutch, yang beroperasi dengan teknologi hidrolik dan Electronically Assisted Shift (EAS) 2.0 Up and Down Gear Shift, dikelola langsung oleh sistem MVICS terbaru. (pit/pit)