V5Plus, Obsesi Vivo Pada Kamera Selfie

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Jumat, 10/02/2017 14:25 WIB
V5Plus, Obsesi Vivo Pada Kamera Selfie Vivo V5Plus (CNN Indonesia/Bintoro Agung)
Jakarta, CNN Indonesia -- Obsesi Vivo terhadap kamera selfie tercermin jelas di Vivo V5Plus yang baru saja mereka luncurkan ke Indonesia. V5Plus mengedepankan kamera selfie berlensa ganda.

V5 Plus adalah keluaran terbaru Vivo yang diluncurkan di Jakarta, Jumat (10/2). Lensa ganda V5Plus di kamera depan yang jadi andalan Vivo punya resolusi masing-masing 20 MP dan 8 MP dengan bukaan f2.0. Pada kamera utama kekuatan resolusinya 'hanya' 16 MP dengan bukaan f2.2

Kedua lensa punya tugas berbeda dalam menangkap gambar. Satu lensa berfungsi biasa, sedangkan lensa lainnya bertugas menangkap depth of field atau kedalaman gambar.

Vivo mengandalkan teknologi pihak ketiga untuk kamera yang mereka pakai.
V5Plus, Obsesi Vivo Pada Kamera SelfieFoto: CNN Indonesia/Bintoro Agung

"Kamera depan menggunakan sensor Sony, kalau kamera utama memakai sensor Samsung," ujar Edy Kusuma, Brand Manager Vivo Mobile Indonesia.


Efek bokeh

Penggunaan lensa ganda di V5Plus tak lain bertujuan menangkap efek bokeh. Lensa ganda ini mempertajam perbedaan fokus objek dengan latar belakangnya.

Vivo juga menyematkan teknologi tambahan untuk mengedit fokus jepretan foto. Mereka yang tak puas bisa mengubah titik fokus dengan bebas meski foto sudah diambil.

Dengan resolusi, lensa ganda, serta efek bokeh seperti itu, gambar selfie yang dihasilkan V5Plus terbilang superior. Sangat sedikit, kalau tak bisa dibilang tidak ada, ponsel cerdas dengan kamera selfie lebih dominan dari kamera utamanya.

Peluang ponsel cerdas yang mengedepankan kamera selfie menurut Edy masih besar. Perlu diketahui saat ini setidaknya ada V5, Oppo F1s, LG G5 yang punya kamera selfie mumpuni.

Namun Vivo mengaku tidak khawatir dengan persaingan kamera selfie di antara vendorakan membuat pasar jenuh.

"Sejauh ini sih saya belum melihat akan jenuh," pungkas Edy.

Secara keseluruhan, Vivo V5Plus yang punya layar FHD 5,5 inci ini dibekali fitur seperti prosesor Qualcomm Snapdragon 625 2.0 GHz octa-core, RAM 4GB, ruang penyimpanan 64 GB, Gorilla Glass generasi 5, dan pemindai sidik jari.

Mereka yang berminat, bisa memburu V5Plus mulai besok. Vivo mematok harga Rp5,5 juta. (tyo)