UCWeb Guyur Investasi Rp160 Miliar untuk Bisnis di Indonesia

Bintoro Agung Sugiharto, CNN Indonesia | Jumat, 10/03/2017 16:38 WIB
UCWeb Guyur Investasi Rp160 Miliar untuk Bisnis di Indonesia Foto: CNN Indonesia
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia menjadi target ekspansi besar-besaran UCWeb di masa depan. UCWeb baru saja mengumumkan investasi sebesar Rp400 miliar untuk Indonesia dan India.

Komitmen investasi UCWeb di Indonesia akan berlangsung hingga dua tahun tahun ke depan. Namun jumlah modal itu tak hanya untuk Indonesia, namun juga untuk India.

Dari total investasi tersebut, Indonesia kebagian sekitar 40 persen. Sisanya mengalir ke India.

President of Overseas Business Jack Huang dari Alibaba Mobile Business Group menyebut Indonesia menjadi salah satu pasar prioritas bagi UCWeb di Asia. Pasar agregator konten merupakan yang paling dilirik dari investasi ini.


"Perkembangan pasar agregator konten di Indonesia sangat menarik," ucap Huang kepada CNNIndonesia.com, Jumat (10/3).

UCWeb sendiri belum lama meluncurkan aplikasi agregator konten UCNews pada Agustus tahun lalu.

UCNews akan menjadi fokus utama investasi UCWeb di Indonesia. Selain untuk memperkaya fitur, UCWeb juga menciptakan platform user-generated content (UGC) baru bernama UC We-Media.

Platform itu akan menjadi wadah bagi kreator konten independen, di luar perusahaan media, untuk menampilkan karya mereka seperti blogger dan komikus.

"Kami berencana menambah lebih dari 30 ribu penerbit independen, blogger, dan key opinion leaders ke platform kami di tahun 2017," terang Jack.

Rencananya, platform We-Media akan terintegrasi dengan aplikasi UCNews yang sudah ada. Dengan metode itu, UCNews menargetkan ada 10 ribu artikel yang dihasilkan setiap hari.

Target itu sejalan dengan sasaran investasi UCWeb di bidang sumber daya manusia, ekosistem UGC, dan UCNews sendiri. (evn/evn)