GotoMalls.com, Perlawanan Ritel terhadap Bisnis e-Commerce

Bintoro Agung Sugiharto , CNN Indonesia | Selasa, 21/03/2017 16:36 WIB
GotoMalls.com, Perlawanan Ritel terhadap Bisnis e-Commerce GotoMalls.com merupakan alls.com, platform direktori berbasis geolokasi dan machine learning. (Foto: CNN Indonesia/Bintoro Agung)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berbeda dengan arus industri e-commerce yang makin jauh berkembang, platform Gotomalls.com justru ingin menghidupkan kembali kejayaan pusat perbelanjaan fisik. Faktor jumlah mall yang begitu banyak di Indonesia jadi modal terbesar Gotomalls.com mewujudkan keinginannya.

"Saya membayangkan Gotomalls.com menjelma sebagai Facebook untuk mall dan industri ritel," ucap CEO Gotomalls.com Bruno Zysman di Jakarta, Selasa (21/3).

Bruno menyebut layanan miliknya sebagai situs direktori pusat perbelanjaan dan toko berbasis lokasi. Gotomalls.com menyediakan sejumlah informasi mulai dari letak mall atau toko terdekat beserta kupon promosi dari mall atau toko tersebut.

Dipandu dengan sistem geolokasi dan machine learning, Gotomalls.com bisa menyesuaikan konten situs yang diakses oleh penggunanya.

"Platform kami memelajari siapa kamu, apa yang dilihat, toko mana, daerah mana, apa yang disukai. Semakin banyak kamu pakai sistem ini, semakin banyak yang kami tahu tentang kamu," tutur Bruno.

Sekilas menggunakan, sistem ini cukup mirip dengan situs e-commerce pada umumnya. Namun perbedaan mencolok dari keduanya adalah Gotomalls.com sama sekali tidak menjual produk di situsnya.

Dengan kata lain, platform Gotomalls.com hanya berperan sebagai jendela pintar yang berusaha menarik seseorang ke pusat perbelanjaan terdekat agar berbelanja.

Platform ini sejatinya sudah meluncur di Indonesia pada Juli 2016. Pemilihan Indonesia selain faktor mall yang banyak, disebabkan oleh pengguna ponsel cerdas dan media sosial yang masif.

Saat membandingkan fungsi Gotomalls.com yang tak jauh beda dengan e-commerce pada umumnya, Bruno menegaskan platform yang ia buat berbeda sehingga tak akan berkompetisi langsung dengan mereka.

"Tidak seperti e-commerce, kami memang bertujuan meningkatkan transaksi offline dan mengajak orang belanja ke mall lagi," pungkas Bruno.

Gotomalls.com saat ini hanya bisa diakses melalui situs web saja. Sementara untuk versi aplikasinya masih dalam proses pengembangan.