Android Nougat Versi Terbaru Dibekali Gestur Sidik Jari

Bintoro Agung Sugiharto, CNN Indonesia | Rabu, 22/03/2017 12:49 WIB
Android Nougat Versi Terbaru Dibekali Gestur Sidik Jari Google menggeleontorkan pemutakhiran Android Nougat versi 7.1.2. (Foto: Screenshot via YouTube/Android)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah menelurkan Android Nougat 7.1.1 pada Desember silam, Google kembali merilis pemutakhiran sistem operasinya. Sejumlah perubahan signifikan dihadirkan pada pemutakhiran versi 7.1.2.

Mengutip laman Slashgear, sejumlah perubahan cukup signifikan terjadi dengan pemutakhiran sistem operasi ini. Namun Nexus 6P dan tablet Pixel C merupakan yang paling berkembang dengan Nougat terbaru ini.

Pixel C misalnya, kini bisa dioperasikan dengan sensor pemindai sidik jari yang ada di punggung ponsel. Pada versi 7.1.2 ini, pengguna 6P tak perlu bersusah payah mengoperasikan ponsel lewat layar.

Fitur tersebut mengadopsi teknologi yang pertama kali digunakan oleh Google di Pixel dan Pixel XL. Selain seri Pixel, Nexus 5X sudah memakai gestur sidik jari ini.


Di samping Nexus 6P, satu-satunya tablet Google yang masih tersisa yaitu Pixel C mendapat berkah cukup besar dari pemutakhiran Nougat.

Salah satunya bisa terlihat dari tampilan antarmuka (UI) Pixel C yang berubah serupa dengan ponsel Pixel. Hanya saja ada beberapa perbedaan kecil di antaranya.

Namun yang paling berbeda di Pixel C adalah fitur multitasking. Pada Nougat versi terbaru ini, multitasking di layar Pixel C lebih mirip dengan tablet Windows 10.

Sementara itu, kabar duka mesti diterima pengguna Nexus 6. Google dipastikan tak akan mendistribusikan Nougat 7.1.2 ini ke Nexus 6. Nasib serupa juga mesti diterima oleh pengguna Nexus 9 yang tak bakal mendapat jatah Nougat baru.

Selain dua perangkat di atas, tentu saja Pixel dan Pixel XL memperoleh pemutakhiran Nougat. Hanya saja tak ada perubahan khusus kecuali perbaikan di sistem keamanan.

Untuk memperoleh Android 7.1.2, sementara baru bisa didapat dengan mengikuti Android Beta Program dan akan didistribusikan secara resmi lewat pemutakhiran over the air (OTA).