'OK Google, Hidupkan Mesin Mercedes-Benz Saya'

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Senin, 08/05/2017 06:51 WIB
'OK Google, Hidupkan Mesin Mercedes-Benz Saya' Mercedes Benz AMG GTS terbaru. (Dok. Mercedes-Benz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemilik Mercedes-Benz keluaran 2016-2017 kini bisa meminta Google atau Amazon untuk memasang asisten digital agar dengan mudah mengontrol mobil mereka secara instan, seperti meminta mobil mengunci otomatis, atau mencarikan kedai kopi terdekat dalam sistem navigasi mobilnya.

Namun, untuk jangka panjang, pemilik Mercy akan mendapatkan layanan asisten digital di dalam mobil, yang tengah dikembangkan oleh pabrikan yang akan memberikan layanan perintah suara untuk membantu keperluan pengemudi.

"Kami tertarik dengan asisten digital berdasarkan AI (kecerdasan buatan), yang semakin lama semakin pintar," kata Nils Schanz, Kepala Divisi Internet dan Kelistrikan Mercedes-Benz Amerika Utara, seperti dikutip Automotivenews.com.


"Kami percaya, ke depan bahwa AI akan mampu menangkap suara secara natural dengan teknologi yang kami buat. Ini akan menjadi penting."

Mercedes bergabung bersama beberapa pabrikan otomotif untuk memastikan asisten digital paling cerdas yang bisa diaplikasikan ke sebuah mobil. Dalam sebuah expo awal 2017, Ford, Volkswagen, Nissan dan BMW sempat meminta kepada Amazon untuk membenamkan asisten digital di mobil mereka.

Mercedes akan memberikan layanan setelah April 2017 bagi mereka yang memiliki mobil keluaran 2016-2017. Pemilik Mercedes yang memiliki perangkatnya hanya perlu mengunduh Google Home atau Amazon Alexa dan koneksikan dengan akun Mercedes Me. Mercedes Me adalah paket dari servis produk dari Mercedes yang ditawarkan kepada pemilik untuk mengakses kendaraan mereka lewat telepon pintar.

Selain untuk mengunci mobil dari jarak jauh atau informasi navigasi, pemilik juga bisa mencoba fungsi lain dengan mode perintah suara secara natural. Contohnya, pemilik kendaraan bisa mengatakan, "OK Google, perintahkan Mercedes Me untuk menghidupkan mesin Mercedes-Benz Saya."

Dan mobil Anda pun akan hidup secara otomatis.


ARTIKEL TERKAIT