Spotify: Orang Indonesia Dengarkan Musik 3 Jam Sehari

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Rabu, 10/05/2017 16:15 WIB
Spotify: Orang Indonesia Dengarkan Musik 3 Jam Sehari Managing Director Spotify untuk Asia, Sunita Kaur (CNN Indonesia/Ervina Anggraini)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah setahun terakhir menyediakan layanan musik streaming di Indonesia, Spotify mendapati sejumlah temuan menarik yang tak ditemui di negara lain.

Beberapa diantaranya adalah aliran musik dan kebiasaan mendengarkan musik  yang tergolong lain dari biasanya.

Managing Director Spotify untuk Asia, Sunita Kaur mengungkapkan dibandingkan negara lain di dunia, pendengar di Indonesia termasuk yang paling aktif mendengarkan musik.


Selama setahun terakhir menyambangi Indonesia, Spotify mencatat sudah memainkan lebih dari 3,9 miliar lagiudalam waktu permintaan lebih dari 11 miliar menit.

Jika dirata-rata, Sunita mengungkapkan orang Indonesia mendengarkan musik setidaknya tiga jam dalam sehari. Bukan hanya itu, untuk kawasan Asia pendengar di Indonesia termasuk  yang paling rajin membuat daftar putar (playlist).

"Indonesia memiliki bakat bermusik tinggi, selera musik yang bagus, dan mereka juga sadar akan teknologi sehingga tak heran jika rata-rata mendengarkan musik hingga tiga jam per hari. Indonesia dan Filipina juga menjadi yang paling banyak menciptakan playlist di Asia," imbuh Sunita dalam konferensi media di Jakarta, Rabu (10/5).

Saat ditelusuri lebih jauh, ia mengatakan kemacetan jalan dan padatnya aktivitas harian masyarakat menjadi momen pemicu mereka aktif mendengarkan musik.

Maka tidak mengherankan jika ada tiga momen utama yang jadi puncak bagi banyak orang mengakses layanan pemutar musik daring, yakni ketika pagi hari saat berada di jalan, setelah makan siang, dan di atas jam 9 malam saat hendak beristirahat di rumah.

"Saat pagi hari orang cenderung memutar musik yang bisa membangkitkan semangat, di siang hari mereka mendengarkan musik agar lebih produktif bekerja, dan aliran instrumental atau musik-musik selow ketika beristirahat malam," ucapnya.

Jika dilihat dari sisi aliran musik, Sunita mengatakan secara umum orang Indonesia lebih sering memutar lagu-lagu dance, pop, dan indie. Hal itu disebutnya terkait dengan selera pengguna  Spotify yang 60 persen diantaranya berusia 18-34 tahun.

Playlist bertajuk "Kopikustik", "Generasi Galau", dan "Mager Parah" menjadi yang paling banyak diikuti dan diputar lantaran berisi lagu-lagu dari musisi lokal dengan aliran yang diklaim Sunita 'pas di telinga' pendengar.

Selain tiga aliran tersebut, ia juga mengatakan musik dangdut juga banyak didengarkan online. "Kami juga tertarik saat mendapati banyak orang mendengarkan dangdut, inilah yang menjadikan Indonesia unik," pungkas Su