Tamat Sudah Playstation 3

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Selasa, 30/05/2017 16:03 WIB
Tamat Sudah Playstation 3 Mantan CEO Sony Computer Entertainment Ken Kutaragi saat memamerkan PlayStation 3 (REUTERS/Kiyoshi Ota)
Jakarta, CNN Indonesia -- Produksi PlayStation 3 resmi tamat di Jepang. Kabar ini mengakhiri perjalanan lebih dari satu dekade perjalanan konsol PlayStation 3. Adapun PlayStation 3 terakhir yang dirilis adalah model dengan kapasitas penyimpanan 500GB.

Kabar dari situs Gematsu menyebutkan produksi PlayStation 3 resmi berhenti tepat setelah Sony merilis model terakhirnya di Jepang. Hal iu diketahui dari situs resmi Sony yang telah melabeli pengiriman model terakhir PlayStation 3 dengan kata "berakhir".

Pertama kali diperkenalkan pada November 2006 silam, PlayStation 3 merupakan salah satu mesin konsol terpopuler yang pernah diproduksi Sony. Perusahaan mencatat hingga sekarang PlayStation 3 sudah terjual hingga 80 juta unit.


"Siklus konsol ini sedikit melampaui dari yang kami inginkan," kata wakil presiden EA Studios Patrick Soderlund ketika peluncuran PlayStation 4 pada

Seperti dilansir situs Neowin, selama 10 tahun lebih beredar di pasar, PlayStation 3 laku keras di Jepang dan menjadi konsol dominan. Namun di negara barat, konsol tersebut mendapat perlawanan ketat dari Xbox 360.

Dengan usia itu, PlayStation 3 terbilang tua. Namun selama itu jua, Sony masih melansir pemutakhiran sistem perangkat. Hal itu tepat seperti yang dijanjikan oleh Sony untuk terus merilis update untuk PlayStation 3 saat peluncurannya silam.

Sementara "sang adik" yaitu PlayStation 4 kini sudah terjual 60 juta unit. Sehingga diperkirakan penjualan PlayStation 4 akan lebih laris ketimbang PlayStation 3.

Untuk peluncuran PlayStation 5 sendiri masih belum pasti. Dengan masa peluncuran PlayStation 4 yang baru terjadi pada 2013, diperkirakan PlayStation 5 masih sekitar 1-2 tahun dari sekarang.


BACA JUGA