Kehangatan Khas Apple Store Pertama di Asia Tenggara

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Jumat, 09/06/2017 11:05 WIB
Kehangatan Khas Apple Store Pertama di Asia Tenggara Suasana Apple Store di Singapura (Foto: CNN Indonesia/Ervina Anggraini)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keseruan toko ritel pertama Apple di Asia Tenggara bukan hanya terasa di hari pertama pembukaan atau tepatnya dua pekan lalu (27/5). Atmosfer serupa masih terasa hingga hari ini, salah satunya pemandangan sejumlah orang yang rela menanti toko tersebut dibuka.

CNNINdonesia.com berkesempatan mengunjungi toko Apple yang berlokasi di Knightsbridge Mall, Orchard Road, Singapura. Letaknya di persimpangan jalan membuat pengunjung mudah menemukan bangunan yang terdiri dari dua lantai itu.

Pemandangan orang yang lalu-lalang di trotoar depan toko hingga pengunjung yang berfoto di depan logo Apple menjadi hal lumrah di luar toko.


Sejumlah pengunjung yang sudah menanti di halaman depan toko mulai mengantri ketika jam menunjukkan pukul 10 pagi. Staf pelayanan pun bergegas membuka toko dan menyambut hangat calon pengunjung.

Semua staf pelayanan toko berdiri di dekat pintu masuk menyambut hangat pengunjung, hal ini tak ubahnya pertemuan dengan teman lama yang kembali bersua.

Kehangatan di dalamnya kian kerasa ketika staf pelayanan toko yang mengenakan kaos berwarna hijau dengan cekatan membantu dan melayani setiap pengunjung. Informasi seputar produk yang dipamerkan, aksesoris, hingga ketersediaan produk yang baru dirilis pun dijawab dengan informatif.Sejumlah varian Macbook, iPad, iPhone, hingga Apple Watch dipamerkan dengan apik di atas meja yang berjejer di lantai dasar toko itu. Sementara aksesoris perangkat-perangkat Apple disusun di dinding yang menghadap ke jalan.
Kehangatan Khas Apple Store Pertama di Asia TenggaraFoto: CNN Indonesia/Ervina Anggraini

Bukan hanya melihat-lihat dan mengabadikan momen di dalam toko, pengunjung juga diberi kesempatan untuk menjajal langsung semua perangkat yang ada di dalamnya.

Berbeda dengan pengalaman saat memasuki toko elektronik di Jakarta, Apple memberi pelayanan ramah dan hangat di dalam tokonya. Tidak ada petugas yang mengikuti kemana pengunjung melangkah saat menjelajahi sudut-sudut toko.

Staf pelayanan toko hanya akan menghampiri jika pengunjung merasa membutuhkan informasi atau ingin bertanya-tanya seputar perangkat Apple. Selebihnya, mereka akan memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk melihat-lihat, menjajal dan mengabadikan momen di dalam toko.

Di sudut toko terdapat sebuah tangga melingkar yang akan membawa pengunjung pada area workshop dan konsultasi oleh pelayan toko. Sejumlah meja berjejer rapi untuk menyambut pengunjung yang ingin berkonsultasi mengenai perangkat Apple.

Sementara bagi pengunjung yang membawa anak, Apple menyediakan area khusus ramah anak yang berada di dekat meja konsultasi. Anak-anak bisa mengikuti sesi permainan interaktif memanfaatkan iPad dengan dipandu seorang staf pelayan toko.
Area konsultasi dan workshop pengunjung di lantai dua Apple Store SingapuraArea konsultasi dan workshop pengunjung di lantai dua Apple Store Singapura (Foto: CNN Indonesia/Ervina Anggraini)

Di lantai atas juga terdapat sebuah layar besar yang menampilkan agenda aktivitas harian untuk anak-anak. Apple menggandeng sejumlah seniman untuk memberi pengalaman bagi pengunjung memaksimalkan perangkat Apple mereka.

Sama halnya dengan dinding di lantai satu, lantai dua toko ini juga diwarnai beragam aksesoris untuk iPad, iPhone, Mac, hingga Apple Watch. Bedanya di salah satu sudut dinding toko juga tersedia beragam aksesoris pendukung besutan perusahaan lain yang bisa terkoneksi dengan perangkat Apple.