NASA Pamer 'Mobil Batman' untuk Eksplorasi Mars

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Senin, 12/06/2017 10:01 WIB
NASA kali ini memperkenalkan kendaraan baru untuk eksplorasi permukaan Mars yang memiliki performa lebih baik. Mars Rover Concept Vehicle Reveal (Foto: Courtesy of kennedyspacecenter.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru saja memamerkan konsep rover yang akan digunakan astronaut untuk berkendara menjelajahi permukaan Mars pada Senin (5/6). Menariknya, kendaraan tersebut sangat mirip dengan mobil milik superhero Batman.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa NASA memiliki misi untuk mengirim manusia ke Mars. Beberapa fitur dari mobil ini akan sangat bermanfaat untuk menjalankan misi di Planet Merah.

"Meskipun rover ini tidak akan beroperasi di Mars, satu atau lebih elemennya bisa diikutsertakan dalam rover yang akan dikendarai para astronot di Planet Merah." tulis NASA.


Kendaraan dengan panjang 7 meter tersebut diperkenalkan sebagai bagian dari selebrasi acara 'Summer of Mars' yang dipersembahkan Kennedy Space Center Visitor Complex. Mobil ini dibangun oleh Port Canaveral yang sebelumnya juga pernah merakit sepeda bercahaya di dalam film 'Tron'.

Berbeda dengan mobil yang mengaspal di permukaan Bumi, mobil ini bukan ditenagai bahan bakar fosil melainkan baterai dengan tegangan 700 volt yang bermodalkan panel solar di dalam mobil.

Batmobile yang telah dikembangkan sejak 2016 ini bisa mengangkut empat orang astronaut sekaligus. Rover bisa dipisah di tengah dengan area depan yang dirancang untuk dikendalikan dan dilengkapi radio serta navigasi yang disediakan oleh Global Positioning System (GPS).

Sementara itu, di bagian belakang berfungsi sebagai laboratorium yang dapat digunakan untuk penelitian otonom. Laboraturium ini bersifat tiruan dan bisa dioperasikan secara mandiri ketika bagian mobil lainnya tidak sedang melakukan eksplorasi.

Enam roda semi-bola yang terbuat dari carbon fibre dan aluminium dirancang untuk secara optimal mampu berjalan di atas batuan dan pasir dengan menyentuhkan banyak area permukaan sambil memasukkan bilah agar tidak terhenti.

Rover akan dipamerkan di Kennedy Space Center Visitor Complex selama beberapa pekan ke depan. Setelah itu, kendaraan ini akan tampil di berbagai lokasi di sepanjang Pantai Timur AS di bulan Juli dan Agustus nanti.

Di sisi lain, selebrasi 'Summer of Mars' sendiri dipandu oleh mantan astronaut Scott Kelly dan Jon McBride. Kelly dalam pidatonya mengatakan bahwa tujuan yang besar perlu banyak langkah kecil untuk tercapai.

"Ada lebih banyak hal, terutama tentang fisiologi manusia, yang kita perlu tahu jika kita ingin pergi ke Mars; Perjalanan itu akan memakan lebih dari enam bulan untuk sampai ke sana."

"Anda harus menghabiskan lebih dari satu tahun di permukaan. Akan memakan waktu lebih dari enam bulan untuk kembali - itu merupakan waktu yang lama di luar angkasa, " kata Kelly. "[...] Jadi masih banyak lagi yang masih perlu kita pelajari sebelum melakukan perjalanan itu."
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK