GLA 200 AMG, SUV Kompak Terbaru Mercy

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 19/06/2017 03:55 WIB
GLA 200 AMG, SUV Kompak Terbaru Mercy Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP
Jakarta, CNN Indonesia -- Sport utility vehicle (SUV) kompak, menjadi segmen yang dipilih oleh Mercedes-Benz dipertengahan tahun ini. Tipe GLA dari pabrikan asal Jerman ini resmi diberi penyegaran, baik di dalam hingga luar kendaraan.

Melalui Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), GLA 200 AMG Line mengaspal di dalam negeri. Menurut Presiden dan CEO MBDI Roelof Lamberts, mobil tersebut adalah model kesekian kali dari tipe GLA di Indonesia, sejak pertama ditampilkan pada 2014.

"Ciri khas GLA ditandai lewat desain yang sporty dan dinamis, pengendalian ringan serta jangkauan individual yang ekstentif," kata Roelof di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Pada tampilan luar, Roelof mengatakan, terdapat peningkatan dari segi penampilan, di mana badan kendaraan memberi kesan dari desain yang disematkan. Desain lebih ekspresif, bersama karakter khas SUV.

"Model ini membawa angin segar dan memantapkan diri sebagai pemain utama dalam segmen pasarnya," ujarnya.

Mobil menjadi lebih tinggi 30 mm dengan pemberian suspensi off-road. Bumper sudah termodifikasi, bersama velg alloy AMG 5-spokr berukuran 19 inci. Sedangkan, lampu depan bi-xenon sebelumnya telah diubah memakai LED high performance.

Melirik ke dalam, mobil tentunya sudah disematkan desain elegan dengan mayoritas warna hitam dan chrome yang tentunya memakai bahan-bahan berkualitas. Pusat pengaturan tersedia dengan layar sentuh berukuran delapan inci, begitu juga dial moda terbaru berjarum merah.

GLA terbaru hadir dengan kursi pengemudi dan penumpang yang dapat diatur secara ekektrik, dengan fungsi memori dan dukungan lumbar empat arah. Sementara sunroof panorama dapat bergeser guna memberi pemandangan terbaik, serta dukungan Apple CarPlay dan Android Auto memberi kenyamanan untuk hiburan selama berkendara.

Mobil tersebut dibekali mesin turbo 1.595 cc empat segaris yang bisa menghasilkan tenaga 15 daya kuda pada rpm 5.500 dan torsi 250 Nm pada rpm 1.250-4.000. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi percepatan DCT 7 percepatan dual-clutch.

Sistem kemudinya menggunakan penggerak roda depan. Kecepatan 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam wakt 8,1 detik dan kecepatan maksimumnya 215 km/jam. Lewat berbagai optimasi, nilai koefisien hambatan dapat ditingkatkan dari 0,29 menjadi 0,28.
Interior kabin Mercedes-Benz GLA 200 AMG LineFoto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP
Interior kabin Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line

Lebih lanjut, semakin memberi rasa aman, mobil telah memiliki fitur terbaik dalam sistem pengereman. GLA 200 AMG Line memiliki fitur pengreman otonom , seperti active brake assist.

Terdapat juga fitur peringatan kantuk melalui attention assist yang dapat mendeteksi kantuk melalui perilaku mengemudi dan memperingatkan pengemudi akan microsleep yang dapat terjadi. Soal harga, mobil dibandrol seharga Rp739 juta off the road.