Lebaran, Trafik Data XL Axiata Naik 218 Persen

Eka Santhika, CNN Indonesia | Rabu, 28/06/2017 08:00 WIB
Lebaran, Trafik Data XL Axiata Naik 218 Persen Peningkatan penggunaan data XL Axiata meningkat 15 persen di hari Idul Fitri ketimbang rata-rata hari biasa (dok. CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kenaikan trafik layanan data XL Axiata mencapai 15 persen dari hari biasa saat hari raya Idul Fitri 2017. Kenaikan ini terjadi pada 20-27 Juni 2017 (H-5 hingga H+2 Lebaran). Dibanding tahun sebelumnya, penggunaan data meningkat 218 persen. Jika pada hari biasa pengguna XL rata-rata menghabiskan 3.600 TB dalam sehari, maka pada masa Idul Fitri kemarin, penggunaan data meningkat jadi rata-rata 4020 TB.

Kenaikan ini disebutkan XL karena meningkatnya aktivitas akses ke layanan data dan dampak positif dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia. "Hingga saat ini hampir tidak ada gangguan yang berarti [...] Semua persiapan kami telah berjalan sesuai dengan rencana, termasuk mengenai penambahan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat,” tutur Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya.

Tercatat, akses ke sejumlah media sosial populer juga meningkat. Trafik akses ke Facebook jadi yang tertinggi, naik lebih dari 50 persen, Instagram lebih dari 20 persen, serta YouTube lebih dari 17%. Kenaikan trafik juga terjadi ke layanan peta dan petunjuk jalan. Konsumsi data untuk Google Maps dan Waze naik lebih dari 135 persen.


Akses ke layanan perpesanan seperti Whatsacebook Messenger, dan LINE naik lebih dari 46,5 persen. Panggilan suara dengan layanan VoIP  (WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP, Skype) naik 9 persen. Keduanya menggantikan layanan panggilan suara dan teks tradisional. Selain itu, peningkatan juga terjadi pada akses konten video, termasuk download/upload naik sekitar 6 persen. 

XL Axiata juga menemukan bahwa pelanggan di wilayah Jabodetabek menurun. Tapi, lalu lintas telekomunikasi di wilayah Jawa Tengah, Di Yogyakarta, dan Jawa Timur meningkat. Saat hari H Lebaran (25 Juni 2017), jumlah pelanggan di Jabodetabek menurun sebesar 23 persen. Sebaliknya wilayah yang menjadi tujuan mudik, meningkat. Jawa Barat meningkat 13,5 persen, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta 22 persen, serta Jawa Timur 10,5 persen. 

XL Axiata juga mencatat bahwa tingkat keluhan pelanggan ke layanan customer service mereka turun dari hari biasa. Penurunan cukup signifikan, 22 persen.