Resmi, Apple 'Bunuh' iPod Nano dan Shuffle

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Sabtu, 29/07/2017 17:52 WIB
Resmi, Apple 'Bunuh' iPod Nano dan Shuffle Apple sudah tidak memberikan dukungan iOS untuk iPod Nano dan Shuffle. Produksi keduanya pun dihentikan. (dok. Apple)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple baru saja mengumumkan bahwa perusahaan resmi menghentikan penjualan iPod Nano dan iPod Shuffle. Keduanya merupakan iPod terakhir yang tidak berjalan dengan sistem operasi iOS yang digunakan di seluruh iPhone.

Sebagai gantinya, perusahaan yang berbasis di Cupertino ini menggandakan penyimpanan di iPod Touch. Perangkat ini membawa kapasitas 32 GB dan 128GB.

"Hari ini, kami menyederhanakan jajaran iPod kami dengan dua model iPod Touch, yang sekarang memiliki kapasitas dua kali lipat, mulai dari US$ 199, dan kami menghentikan iPod Shuffle dan iPod Nano," kata perwakilan Apple kepada Business Insider melalui email.



iPod Shuffle dan iPod Nano telah dihapus dari situs web Apple dan toko online. Hal ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan karena banyak orang Apple sendiri yang sudah memprediksikannya.

Kedua iPod hanya bisa digunakan untuk memutar musik. Nano dan Shuffle juga sudah tidak diperbarui selama bertahun-tahun sejak diluncurkan pada 2001 dan 2005.

Apple sendiri sebelumnya juga telah mengatakan bahwa iPhone yang pada awalnya disebut "iPod Phone" akan membuat penjualan perangkat khusus musik menurun. Dulunya, iTunes sendiri disebut iPod dan pengguna mendengarkan musik dari sana.


Kendati demikian, iPod asli memiliki tempat khusus dalam sejarah Apple. iPod adalah perangkat pertama yang dibuat Apple yang merupakan barang elektronik konsumen ketimbang komputer, dan dialah pembuka jalan bagi iPhone.

Nama iPod tidak dihapus sebab produk audio terbaru Apple adalah AirPods dan HomePod. iPod Touch baru-baru ini juga menjadi iPod terlaris.

Salah satu alasan Apple kemungkinan menghentikan iPod Shuffle adalah karena dia tidak memiliki Bluetooth, yang berarti dia tidak akan terhubung dengan headphone nirkabel terbaru Apple, AirPods. Kedua iPod juga tidak mendukung Apple Music, layanan streaming online Apple untuk audio dan video.