Sensasi Melihat Pendaratan Mars 2030 milik NASA

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Kamis, 03/08/2017 18:12 WIB
Sensasi Melihat Pendaratan Mars 2030 milik NASA Siapapun kini bisa menjelajah Mars menggunakan teknologi virtual reality. (Foto: NASA/Handout via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Misi membuat koloni manusia di Planet Mars hingga kini memang masih menjadi wacana. Namun, bagi Anda yang penasaran ingin merasakan sensasi berwisata ke ruang angkasa, mungkin bisa mencoba memanfaatkan teknologi virtual reality (VR).

Sebuah perusahaan Fusion Media Group yang bekerjasama dengan NASA dan AeroAstro Lab MIT menawarkan pengalaman menjelajah Planet mers tanpa perlu merogoh kocek dalam.

Misi yang dinamakan Mars 2030 akan mengajak Anda untuk menjelajahi lanskap Mars sejauh 15 mil. Dalam 'penjelajahan' tersebut, tim telah merancang kembali gambar permukaan Mars berdasarkan data satelit HiRISE Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA.

Dengan resolusi 8K, semua gambar yang ditampilkan melalui Mars 2030 terlihat nyata. Anda dapat menjelajahi permukaan planet ini, mengumpulkan sampel, dan menganalisisnya dengan mikroskop yang dirancang oleh pemburu ruang angkasa Mars dari NASA yang pertama.


Setelah selesai menganalisis, pengguna bisa mengirimkan kembali temuannya ke Bumi. Sebagai 'astronaut', pengguna juga dapat melihat tampilan data biometrik dan alat pengukur kehidupan.

Layaknya seorang penjelajah luar angkasa, Anda juga dapat meletakkan bendera, mengambil bebatuan, mengendarai rover, dan menghampiri habitat yang ada di Mars. Namun, tidak ada suatu misi khusus yang harus diselesaikan dan pengguna tidak akan kehilangan nyawa layaknya sebuah permainan.

Dilansir dari The Verge, pengguna dapat mengunjungi sebuah habitat yang didukung oleh panel surya dan rumah kaca, tempat di mana kentang dan brokoli tumbuh di bawah lampu LED merah keunguan. Toiletnya terlihat sangat futuristik dengan bentuk sistem isap dan dua tuas di setiap sisi.

Dalam pemetaan ini juga ada sebuah robot humanoid bernama Valkyrie yang dapat membantu menambang tanah di Mars untuk mendapatkan air. Selain habitat tersebut, terdapat sebuah gua yang panjang dan berliku dikelilingi batuan merah yang berdebu.

Untuk merasakan sensasi menjelajah antariksa, pengguna bisa merogoh kocek US$14.99. Pengalaman VR ini tersedia di steam untuk HTC Vive dan Oculus Rift.

Pada 2018, pengalaman VR ini juga akan tersedia di PlayStation 4. Khusus bagi guru atau pelajar, pengalaman menjelajah antariksa bisa dinikmati secara gratis melalui aplikasi ponsel.