logo CNN Indonesia

Menjajal Keseruan Jadi DJ di Beranda Pencarian Google

, CNN Indonesia
Menjajal Keseruan Jadi DJ di Beranda Pencarian Google Google merayakan ulang tahun ke-44 musik hip hop dengan doodle interaktif. (Foto: Dok. Google.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari ini, Google merayakan ulang tahun pesta DJ Kool Herc melalui doodle yang tak biasa. DJ Herc disebut sebagai sosok yang menjadi cikal bakal terciptanya musik hip hop di seluruh dunia.

Melalui doodle tersebut, pengguna bisa merasakan keseruan menjadi seorang disjoki alias DJ.

Doodle menampilkan grafiti Cey Adams dan menciptakan kotak interaktif yang memungkinkan pengguna menggabungkan sampel musik dengan menggunakan lagu-lagu terkenal langsung dari beranda Google.

Untuk memulai, yang harus dilakukan adalah mengklik tombol putar di bagian "O" di grafik. Dia kemudian membawa pengguna ke "kotak rekaman musik" di mana pengguna dapat memilih contoh lagu klasik dari artis seperti George Clinton, The Isley Brothers, Billy Squire, dan Betty Wright.

[Gambas:Youtube]

Setelah memilih lagu, pengguna dapat menyesuaikan campuran lagu menggunakan kontrol slider. Pengguna juga diberi sepuluh tantangan yang akan menguji pengetahuan mereka mengenai sejarah musik dan budaya hip hop.

Meski ini bukan kali pertama Google membiarkan pengguna membuat musik melalui doodle, Googler Ryan Germick mengatakan bahwa proyek ini adalah salah satu proyek yang paling rumit yang dihadapi perusahaan.

"Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk mengetahui bitrate audio yang Anda butuhkan untuk scratch rekaman, bagaimana mensinkronkan ketukan dengan benar, dan kerumitan animasi menjadi hal pertama (yang menantang) bagi kami," katanya di sebuah posting blog seperti dikutip dari Mashable, Jumat (11/8).

"Kami belum pernah membuat Doodle seperti ini sebelumnya, baik karena tantangan teknis dan banyaknya suara dan kolaborator yang ingin disertakan," tambah Perla Campos, yang juga mengerjakan Doodle di Google.

Tim ini juga bekerjasama dengan para veteran dari industri musik hip hop seperti Fab 5 Freddy dan Lyor Cohen yang sekarang menjadi kepala YouTube Music. Kerjasama ini dilakukan untuk menciptakan pengalaman yang baik bagi pengguna.

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video