GIIAS 2017

MINI Lahirkan Mobil Balap Kecil John Cooper Works

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 14/08/2017 17:21 WIB
MINI Lahirkan Mobil Balap Kecil John Cooper Works BMW memboyong New MINI John Cooper Works ke GIIAS 2017. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- BMW Group Indonesia secure resmi memboyong MINI terbaru yakni New MINI John Cooper Works. Mobil itu disebut sebagai kendaraan MINI dengan model sport yang diklaim lebih bertenaga, apalagi menyoal kecepatan.

John Cooper Works memiliki dimensi terbesar, sekaligus melengkapi jajaran dari model tersebut. BMW terkesan ingin menggabungkan mobil berkarakter balap dengan sensasi berkendara khas MINI pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

"MINI John Cooper Works adalah seputar mesin performa tinggi, sensasi mengendarai go-kart yang energik dan ekstrem. Kami memperkenalkan MINI John Cooper Works untuk pertama kalinya di Indonesia pada tahun 2011," kata Presiden Direktur BMW Group Indonesia Karem Lim di kawasan BSD, Tangerang.

Menurutnya, sejak pertama muncul, model itu selalu menuai respon positif dari masyarakat, khususnya di kalangan penggemar mobil asal Inggris ini. 

Mengenai spesifikasi, sasis yang digunakan sudah berkategori sport untuk memaksimalkan saat kendaraan bermanuver dengan kecepatan tinggi, tikungan dan pengereman. Dirancang dengan performa mesin luar biasa dan wheelbase panjang, track lebar serta titik pusat gravitasi rendah. 

Single-joint spring strut axle di bagian depan dipadukan dengan multilink rear axle khusus untuk model ini. Selain itu, suspensi sport dari New MINI John Cooper Works Countryman memberikan pengaturan yang sempurna untuk suspensi dan sistem peredaman di segmennya. 

Desain eksterior dari New MINI John Cooper Works Countryman tampilkan kombinasi antara kendaraan sport dan fungsionalitas. Dengan panjang 4.299 mm, lebar 1.822 mm dan tinggi 1.557 mm. Ukuran tersebut menjadi model terbesar diantara varian kendaraan MINI John Cooper Works. Proporsi yang khas dari sebuah kendaraan sport ditekankan dari fitur-fitur yang dimilikinya, khususnya pada fitur
MINI John Cooper Works Aerodynamics Kit.

Elemen kunci akan tampilan yang kuat dari model ini diperlihatkan dari cooling inlets besar di apron depan, yang diletakkan di lampu parkir dan lampu kabut dari New MINI Countryman.  


New MINI John Cooper Works Countryman hadir dengan lima kursi dalam balutan karakter kendaraan sport dan memiliki ruang lebih besar.  

Opsi unik dari ciri khas mini adalah Picnic Bench, yaitu sebuah permukaan yang dapat dibuka dari kompartemen bagasi untuk menyediakan tempat duduk bagi dua orang. Pemasangan opsional lainnya adalah kontrol tailgate listrik untuk membuka bagasi tanpa harus disentuh bersamaan dengan fitur Comfort Access.  

Untuk menampilkan performa terbaiknya, mobil dilengkapi dengan mesin bensin empat-silinder dan kapasitas 1.998 cc. Mesin didukung oleh teknologi MINI TwinPower Turbo dengan sistem turbocharging yang terintegrasi dengan cast steel manifold, sistem injeksi bahan bakar langsung dan sistem kendali katup variabel berbasis teknologi VALVETRONIC serta kontrol variable camshaft. 

Dengan bekal tersebut, performa yang dihasilkan maksimum mencapai 231dk pada 6.000 rpm, sementara torsi maksimum 350 Nm tersedia ketika mesin berputar antara 1.450 dan 4.500 rpm. 

Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan dengan Steptronic Sport Automatic. Hanya dibutuhkan waktu 6.5 detik untuk mencapai 100 km/jam. Produsen menjamin, meski bertenaga besar, namun tetap efisien dalam hal bahan bakar yaitu 14 km/l dan emisi CO2 pada tingkat 158 gram per kilometer.

Versi terbaik MINI John Cooper Works, dibanderol oleh produsen dengan harga Rp1,06 miliyar off the road. (evn/evn)