Google Tambahkan Video Pratinjau di Hasil Pencarian Android

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Senin, 21/08/2017 04:58 WIB
Google Tambahkan Video Pratinjau di Hasil Pencarian Android Ilustrasi (Foto: Nyshita talluri/Wikimedia Commons)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google baru saja menambahkan fitur baru di mesin pencarinya. Perusahaan teknologi raksasa yang berbasis di Mountain View ini memberikan fitur video yang berputar otomatis pada hasil pencarian Google Search.

Google mulai menambahkan "video preview" di hasil pencarian dengan bunyi yang otomatis dimatikan di Android. Fitur ini bisa dirasakan oleh pengguna Chrome dan aplikasi Google.

Untuk perilisan pertama, hasil pencarian dengan pratinjau video ini hanya akan muncul untuk pengguna yang menggunakan setelan bahasa Inggris di Amerika Serikat. Namun Google berencana untuk merilisnya secara global dengan berbagai bahasa di masa depan.


Juru bicara Google mengatakan kepada The Verge, Minggu (20/8), bahwa pihaknya berharap fitur ini juga bisa hadir di platform lain. Kemungkinan di iOS atau desktop.
Fitur ini diharapkan akan memperbesar hasil pencarian video dengan memberikan penonton akses pratinjau video yang lebih baik. Artinya, pengguna bisa mengandalkan hal lain selain nama video untuk menemukan konten video yang tepat.

Sebelumnya, Google juga telah menguji fitur serupa di desktop dan pengalamannya masih terasa mengganggu. Percobaan di desktop itu pun dihentikan meski percobaan di mobile ternyata diluluskan.

Video pratinjau otomatis ini tentu saja terintegrasi dengan YouTube, situs berbagi video milik Google. Selain itu, Google juga memungkinkan penyedia video lain untuk mendukung fitur ini. Sayangnya, perusahaan tidak menyebutkan layanan lain yang mendukung fitur ini.

Pratinjau video sendiri hanya akan muncul ketika pengguna melakukan pencarian di Google Search menggunakan sambungan WiFi. Dengan demikian, dia tidak akan menyedot paket data pengguna. Pengguna juga diberikan pilihan untuk mematikan fitur ini di dalam aplikasi Google.