Bisa Diajak Chat, Telkomsel Veronika Belum Ada di Whatsapp

Bintoro Agung , CNN Indonesia | Jumat, 25/08/2017 11:23 WIB
Bisa Diajak Chat, Telkomsel Veronika Belum Ada di Whatsapp Telkomsel menyediakan layanan pelanggan lewat chat bot Telkomsel Veronika. Saat ini tersedia di Line, Facebook Messenger, dan Telegram. Whatsapp belum tersentuh (dok. Telkomsel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hadir di sejumlah aplikasi pesan instan, asisten virtual Veronika milik Telkomsel diupayakan hadir di WhatsApp. Hal itu dilakukan oleh Telkomsel mengingat jumlah pengguna WhatsApp yang lebih besar ketimbang aplikasi pesan instan lainnya.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan pihaknya sudah melakukan pendekatan ke WhatsApp, namun belum ada kesepakatan yang dicapai hingga kini.

"Sudah ada diskusi dan pembicaraan tapi dia belum membuka diri dengan pihak lain," ungkap Ririek di acara peluncuran Veronika di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Kamis (24/8).

Bisa Diajak Chat, Telkomsel Veronika Belum Ada di WhatsappTampilan bot Telkomsel Veronika di Line. Tak cuma memilih layanan yang tersedia, jika ada masalah, pengguna juga bisa langsung chat dengan layanan pelanggan (kanan). (dok. Screenshot Telkomsel Veronika Line)


Telkomsel sendiri akhrnya memilih Line, Telegram, dan Facebook Messenger sebagai aplikasi pertama untuk mengakses asisten virtualnya tersebut. Dibanding WhatsApp, ketiga aplikasi itu relatif kalah populer. JIka melihat dari jumlah pengunduh saja, hanya Messenger yang bisa sejajar dengan WhatsApp.

"Nanti kalau sudah membuka diri, baru akan tersedia di sana," imbuh Ririek.

Bisa Diajak Chat, Telkomsel Veronika Belum Ada di WhatsappTelkomsel Veronika di Facebook Messenger. Tampilan dan respon bot ini cukup responsif serupa dengan Line. (dok. Veronika Telkomsel Facebook Messenger)

Selain itu, anak perusahaan Telkom ini beralasan fasilitas asisten virtualnya masih di tahap awal. Mereka berjanji seiring waktu akan melipatgandakan keberadaan Veronika di aplikasi lain.

Secara sederhana, Veronica adalah kecerdasan buatan (AI) yang punya sejumlah kemampuan. Melalui Veronica, pelanggan bisa membeli pulsa, paket, hingga melacak lokasi GraPARI terdekat cukup lewat pertanyaan di aplikasi pesan instan. Untuk menciptakan layanan ini, Telkomsel menggandeng Accenture.

Bisa Diajak Chat, Telkomsel Veronika Belum Ada di WhatsappTampilan bot Veronika di Telegram. Saat dicoba, bot Telegram masih kurang responsif ketimbang Line atau Facebook Messenger. (dok. Screenshot Telkomsel Veronika)

Mereka yang berniat mengakses layanan Veronica di Line dan Facebook Messenger bisa menghubunginya lewat akun @telkomsel. Sementara di Telegram, pengguna cukup mengontaknya di username telkomsel_official_bot.

Saat CNNIndoensia.com coba, ketiga bot Veronika ini memang bisa berjalan baik di Line, Facebook Messenger, maupun Telegram. Pengguna bisa meminta untuk mengecek pulsa dan layanan dasar lain.

Jika mengalami masalah, kita juga bisa mengajukan pertanyaan ke Veronika. Jika ia tak dapat menjawab, pengguna akan dihubungkan dengan layanan pelanggan Telkomsel. Mereka yang kemudian mengambil alih pertanyaan pelanggan dan menjawab masalah tersebut. Sayang, respon bot Telegram masih kurang responsif ketimbang Line dan Facebook Messenger.