Ramai-ramai Cari 'Mobil Sejuta Umat' di Pameran

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 25/08/2017 14:25 WIB
Ramai-ramai Cari 'Mobil Sejuta Umat' di Pameran Banyak pabrikan menyediakan MPV di GIIAS 2017, bagaimana peta persaingan mereka di GIIAS 2017? (dok. CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kehadiran mobil disegmen multi purpose vehicle (MPV) tentu masih menjadi sorotan bagi masyarakat Indonesia. Bermuatan tujuh, sampai delapan penumpang mobil tersebut seolah-olah menjadi idaman hingga kini.

Pabrikan otomotif, terutama yang berasal dari Jepang berlomba-lomba menyajikan kendaraan disegmen tersebut, khusus untuk dikelas terbawah MPV, orang-orang banyak menyebutnya dengan julukan 'mobil sejuta umat'.

Tentunya sudah menahun julukan mobil sejuta umat dipegang oleh racikan Toyota, yaitu Avanza. Lalu, bagaimana peta persaingan MPV selama ajang pamer otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, pekan kemarin?



Bila ditotal selama 10 hari pameran, penjualan kendaraan disegmen tersebut mencapai 10.023 unit, ditambah dengan dua model dan satu pemain baru dikelas yang sama yakni Mitsubishi Xpander serta Wuling Confero.

Angka tersebut diambil dari para produsen di mana unitnya memang paling dominan dalam penjualan LMPV, seperti Toyota, Mitsubishi, Nissan, Suzuki, Honda, Daihatsu dan Wuling. Namun khusus Nissan, produsen tersebut tidak membagikan hasil aktivitasnya selama berlangsungnya pameran.

Jumlah terbanyak penjualan pada GIIAS tahun untuk LMPV, diperoleh Mitsubishi melalui Xpander dengan membukukan penjualan sebanyak 5.281 unit dari total keseluruhan diberbagai segmen sebesar 6.374 unit kendaraan.


Kedua, walau besar pada akumulaso keseluruhan, untuk segmen LMPV, Toyota harus mengakui keunggulan Mitsubishi dengan penjualan Avanza sebanyak 2.129 unit dan versi limited 81 unit. Sementara total penjualan keseluruhan Toyota mencapai 7.136 unit.

Ketiga, yakni Honda dengan Mobilio sebanyak 1.503 unit dari total keseluruhan penjualan Honda, 5.545 unit.

Anehnya, pada posisi ke-empat diisi oleh pemain asal China, Wuling Motors melalui tiga varian Confero dengan penjualan sebanyak 624 unit. Animo terhadap mobil itu juga terbilang tinggi, yakni 1.3.12 pengunjung melakukan ujicoba terhadap mobil tersebut.


Kelima, yaitu Suzuki dengan Ertiga jumlahnya berhenti diangka 296 unit dari total keseluruhan 945 unit. Ertiga mendominasi penjualan di antara mobil Suzuki lainnya.

Terakhir, ialah kembaran Avanza, yaitu Daihatsu Xenia. Dari ratusan pengunjung yang hadir, Daihatsu hanya dapat melego Xenia sebanyak 190 unit ditambah dengan versi limited sebesar 20 unit. Penjualan total Daihatsu berjumlah 778 unit.

Penyelenggara mencatat, hingga hari terakhir GIIAS 2017, lebih dari 21 ribu unit kendaraan terjual selama pameran berlangsung dari seluruh Agen Pemegang Merek (APM), yang juga peserta dan merupakan anggota Gaikindo. Walau untuk nilai transaksi belum dapat diungkap. Untuk pengunjung jumlahnya mencapai lebih dari 400 ribu. (eks/eks)


BACA JUGA