Besok, Asteroid Terbesar Bakal Terbang Rendah Dekat Bumi

Eka Santhika, CNN Indonesia | Kamis, 31/08/2017 08:40 WIB
Besok, Asteroid Terbesar Bakal Terbang Rendah Dekat Bumi Asteroid Florence akan melintas. Jarak lintasan adalah yang terendah dalam 100 tahun terakhir dan ratusan tahun mendatang. (dok. diolah dari Thinkstockphotos.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Asteroid terbesar akan melintasi bumi besok. Ini adalah kali pertama dalam seratus tahun terakhir sebuah asteroid berukuran 30 piramida Mesir kembali melintasi Bumi dalam jarak dekat.

NASA menyebutkan bahwa asteroid yang dinamakan Florence ini akan melintas di jarak 7juta kilometer dari permukaan bumi.

"Lintasan Florence kali ini merupakan yang terdekat sejak 1890. Jarak ini tetap jadi yang terdekat hingga setidaknya setelah 2500," tambah badan antariksa AS itu lagi.



Florence adalah salah satu asteroid terbesar yang ada di sekitar bumi. Ukurannya sekitar 4,4 kilometer atau setara ukuran 30 piramida Mesir yang disatukan.

Florence pertama kali ditemukan pada 1981. Nama Florence sendiri diambil dari penemu ilmu keperawatan modern abad 19, Florence Nightingale. 


"Meski lebih banyak asteroid yang telah melintas lebih dekat lagi dari Florence, tapi semua asteroid itu diperkirakan berukuran lebih kecil," jelas Paul Chodas, Manajer matan Penga NASA's Center for Near-Earth Object Studies.

Para peneliti berencana mempelajari asteroid tersebut saat melintas. Mereka akan menggunakan pencitraan radar di California dan Puerto Rico.

"Hasil pencitraan radar akan menunjukkan ukuran sebenarnya dari Florence dan mungkin bisa mengungkap detil permukaan dari jarak 10 meter," terang NASA.