Jawaban BKN Soal Situs yang Tak Bisa Diakses

Eka Santhika, CNN Indonesia | Rabu, 06/09/2017 18:11 WIB
Jawaban BKN Soal Situs yang Tak Bisa Diakses Ilustrasi: BKN menjawab perihal beberapa akses situs layanannya yang tak dapat diakses jelang penerimaan CPNS. (dok. janeb13/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Situs bkn.go.id tak bisa diakses sejak Selasa (5/9) hingga hari ini, begitu pula dengan beberapa menu pendaftaran dan login untuk melakukan pendaftaran CPNS 2017.

Kasubbag Hubungan Media dan Antar Lembaga BKN, Diah Eka Palupi menjelaskan bahwa situs bkn.go.id memang sengaja dimatikan.

"Kami tutup bkn.go.id untuk perluas bandwith sscn.bkn.go.id," terangnya lewat pesan teks kepada CNNIndonesia.com, Rabu (6/9).

Laman lain yang tidak bisa diakses adalah laman pendaftaran dan login di situs sscn.bkn.go.id.


Diah menjelaskan hal tersebut lantaran pihaknya memang belum membuka akses untuk pendaftaran CPNS secara resmi.

"Nanti yang membuka masing-masing instansi. Instansi diberi akses oleh BKN untuk dapat melakukan setting sscn terkait jadwal pembukaan dan penutupan pendaftaran," tuturnya.  

Dengan demikian menurutnya saat ini login belum bisa dibuka akses pendaftarannya.

"Rata-rata instansi buka tanggal 11 September. Coba cek syarat-syarat pendaftaran CPNS (di masing-masing instansi pemerintah)," tambahnya lagi. 

Selain itu, BKN juga meminta calon pelamar untuk mencermati keterangan, syarat, jadwal pendaftaran, dan mekanisme pelaksanaan pendaftaran di masing-masing instansi yang melakukan perekrutan.


Setelahnya, peserta CPNS bisa mendaftar sesuai jadwal di situs SSCN BKN.

Dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, BKN mengingatkan agar pelamar mengakses informasi penerimaan dan pendaftaran CPNS hanya melalui media informasi resmi pemerintah.

Peserta diingatkan juga bahwa seluruh proses perekrutan dilakukan tanpa dipungut biaya dan berjalan terbuka.