Kasus Airbag Takata, Toyota Indonesia Tarik 6 Model Kendaraan

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 08/09/2017 09:29 WIB
Kasus Airbag Takata, Toyota Indonesia Tarik 6 Model Kendaraan Toyota Indonesia menarik enam tipe kendaraan lantaran ada masalah pada airbag. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota Indonesia kembali mengumumkan penarikan atau recall atas enam model kendaraan.

Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono, mengatakan hal tersebut merupakan buntut dari kelanjutan kasus airbag Takata.

"Iya ini (recall) adalah kelanjutan dari kasus Takata," kata Warih.

Adapun enam model yang direcall Toyota diproduksi dari rentang tahun berbeda, seperti Corolla 2001-2011, Alphard 2010-2012, Camry 2002-2004, Nav1 2012, Vios 2006-2012 dan Yaris 2006-2012.


Warih menjelaskan, sebenarnya recall sudah dilakukan ke pelanggan Toyota sejak 2016. Namun, jumlahnya masih sedikit tidak mencakup seluruh data kendaraan.

"Ini penyelenggara TAM (Toyota Astra Motor). Tahun kemarin sudah pengumuman ya (recall), cuma peserta sedikit. Sekarang ingin lebih banyak, agar lebih komplit," ujarnya.

Mobil-mobil tersebut disinyalir menggunakan Takata Airbag System yang diketahui bermasalah pada inflatornya.

Airbag tetap mengembang ketika terjadi tabrakan, namun inflator di dalam airbag ikut meledak sehingga serpihan logam menembus keluar airbag dan dapat melukai pengemudi maupun penumpang.

Dengan demikian, pemilik yang memiliki unit kendaraan tersebut dapat segera datang ke diler terdekat untuk segera mendaftar recall.