Warganet Berang, Seharian Situs CPNS Kemenkumham Bermasalah

Dika Dania Kardi , CNN Indonesia | Sabtu, 09/09/2017 01:12 WIB
Warganet Berang, Seharian Situs CPNS Kemenkumham Bermasalah Ilustrasi seleksi CPNS. (Antara/Asep Fathulrahman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lewat tengah malam, laman seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di situs resmi Kementerian Hukum dan HAM masih tak bisa diakses.

Hal tersebut pun membuat para pendaftar calon abdi negara uring-uringan. Sebagian melepaskan kegelisahan mereka di media sosial, termasuk Twitter dengan juga menyebut ke akun resmi situs mikro milik Kemenkumham. Salah satunya diungkap pemilik akun Gultom_Junius.

‘Hanya untuk mencetak nomor antrian ujian CPNS kemenkumham harus begadang semalam suntuk itu pun belum juga bisa,’ demikian cuit Gultom yang menuliskan keluhannya lewat Twitter pada 9 September 2017 pukul 00.42 WIB.

Apa yang dilontarkan Gultom, dan banyak lagi pengguna Twitter yang ingin mencetak kartu ujian itu menyindir akun Kemenkumham.

Sebelumnya, pada pukul 00.28 WIB, 9 September 2017, admin akun resmi Kemenkumham mengeluarkan kicauan penyemangat bagi mereka yang lolos tahap pertama seleksi CPNS namun masih sulit mengakses.

‘Adik2 Sahabat Pengayoman harap terus berusaha, sabar dan berdoa.. kalian pasti bisa…tetap positif dan semangat,’ demikian cuitan @Kemenkumham pada pukul 00.28 WIB, 9 September 2017.

Sindiran pun datang dari pemilik akun berikut yang menyatakan sudah hampir seharian mengakses ke situs seleksi CPNS Kemenkumham.









Para pengeluh itu adalah sejumlah CPNS yang lulus seleksi administrasi Kemenkumham, namun tak bisa mencetak kartu ujian akibat tak bisa mengakses laman tersebut.

Sebelumnya, pada Jumat (8/9) siang, Kepala Biro Humas Kemenkumham Lilik Bambang Lestari menjanjikan upaya agar pembenahan server selesai dan bisa diakses pada malam harinya.

Lilik menegaskan kejadian down server Kemenkumham disebabkan overload,di mana banyak yang mengakses di saat yang bersamaan. Kejadian ini sudah dialami sejak pengumuman kelulusan seleksi administrasi. Ditengarai mereka yang lulus melakukan akses di situs Kemenkumham.

"Hingga sore ini sudah 80 persen, mudah-mudahan bisa jam 7 atau malam ini bisa kembali normal dan bisa diakses," tambah dia. 

Lewat akun Twitter resminya, Kemenkumham memaparkan tahapan pencetakan Kartu Informasi Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar yang dibutuhkan CPNS. Di sana juga dicantumkan bahwa cetak kartu informasi dan nomor antrian dapat dilakukan sampai tanggal 11 September 2017 pukul 23:59.
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berebut Kursi Pegawai Negara