Yamaha Hadirkan Star Venture Versi Murah

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 12/09/2017 08:15 WIB
Yamaha Hadirkan Star Venture Versi Murah Yamaha Star Elude merupakan versi murah Star Venture dengan mesin 1.900cc.(Dok. Yamaha)
Jakarta, CNN Indonesia -- Yamaha kembali menghadirkan motor besarnya disegmen touring, yaitu Star Eluder yang merupakan versi lebih murah dari Star Venture.

Pabrikan asal Jepang itu menyematkan mesin V-twin berkapasitas 1.854cc yang sama dengan model Star Venture.

Selain itu ada juga fitur Drive Mode yag bisa mengatur respons throttle, kendalitraksi ada juga fitur kursi berpemanas hingga sistem infotaiment.


"Kami sangat antusias untuk memperkenalkan Star Eluder sebagai jajaran motor touring lintas benua kami,” kata General Manager Yamaha Motor Mike Doughty, seperti dikutip RideApart.

Dengan mesin yang diboyong, pabrikan mengklaim bahwa motor dapat memperoleh torsi sebesar 126 lb-ft. Namun, tidak ada penjelasan terkait daya kuda atau menyoal kecepatan yang dihasilkan.
Star Eluder yang memiliki tranmisi percepatan, memiliki sistem infotainment mewah yang terpasang pada cockpit menggunakan layar sentuh LCD bewarna dengan ukuran tujuh inci guna menampilkan beragam informasi.

Selain dengan sentuhan, perintah juga dapat dilakukan menggunakan suara melalui microphone headset.

Paket infotaiment juga dapat memberi akses kepada pengemudi untuk mengetahui data kendaraan.
Yamaha Hadirkan Star Venture Versi MurahStar Eluder diperkirakan akan menjadi pesaing Honda Gold Wing di kelas motor touring 1.900cc.(Dok. Honda (autoevolution.com)
Untuk versi GT, pabrikan sudah memberi upgrade dari sisi infotaiment, termasuk sistem navigasi GPS, radio CB, informasi musik, cuaca dan lalu lintas satelit.

Menurut Yamaha, motor itu dibangun menggunakan sasis hibrida, yang dirancang lebih ringan, tetapi tetap gesit saat dipakai untuk bermanufer.

Sementara, dalam pengembangannya, motor dapat dapat menyesuaikan kondisi iklim disekitar, yaitu memberi banyak banyak aliran udara pada kondisi panas dan mengurangi aliran udara pada kondisi sebaliknya.
Pabrikan memberi ruang penyimpanan besar untuk menampung bahan bakar dari motor tersebut. Dengan kapasitas tangki sebanyak 6,6 galon, dapat memastikan perjalanan pengendara lebih jauh dalam sekali pengisian.

Motor yang dipercaya bakal menjadi rival dari Gold Wing, motor disegmen sejenis keluaran Honda, dibandrol oleh Yamaha seharga US$22.449 dan US$23.999 untuk versi GT.