logo CNN Indonesia

Google Kini Paham Bahasa Jawa dan Sunda

, CNN Indonesia
Google Kini Paham Bahasa Jawa dan Sunda Teknologi pencarian suara pada layanan Google kini mengenali bahasa Sunda dan Jawa. (Foto: Courtesy of Google)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google menambahkan dukungan bahasa lokal terutama bahasa Jawa dan bahasa Sunda dalam teknologi voice input (penelusuran berbasis suara).

Kedua bahasa tersebut bisa digunakan dalam aplikasi Google App, Google Translate, dan keyboard Gboard di perangkat Android.

"Teknologi pencarian suara dibuat untuk mengatasi hambatan bahasa agar internet semakin inklusif dan berguna bagi banyak orang," ungkap Daan vaan Esch, technical program manager, speech and keyboard team Google dalam keterangan resmi.

Google mencatat pencarian berbasis suara di Indonesia meningkat hingga 50 persen lebih tinggi dari pertumbuhan global.
Untuk kemampuan mengenali setiap frasa dalam bahasa Sunda dan Jawa, Google bekerjasama dengan Universitas Gajah mada, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Google juga bekerjasa sama dengan penutur asli dan melibatkan maching learning dalam memahami setiap suara dan kata untuk meningkatkan akurasi.

Cara pakai

Untuk menggunakan fitur suara, pengguna Google App, Translate atau Gboard bisa memulainya dengan membuka ikon G lalu ketuk ikon mikrofon untuk berbicara. Cukup berbicara ke ponsel tanpa harus mengetik pada keyboard.

Gboard dapat digunakan untuk mengirim pesan apa saja dari ponsel, mulai dari membalas surel hingga mengirim pesan instan kepada teman di aplikasi perpesanan.
Google mencatat kata kunci pencarian terpopuler dalam bahasa Jawa dan Sunda seperti 'lagu dolanan anak' atau bal-balan dino iki' paling banyak dicari warganet di Pulau Jawa.

Pencarian Suara Google Kini Pahami Bahasa Jawa dan SundaPencarian suara Google kini mendukung format bahasa Sunda dan Jawa. (Foto: Dok. Google Indonesia)
(evn)

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video