logo CNN Indonesia

iPhone X Lebih Menarik dari iPhone 8, Harga Jadi Kendala

, CNN Indonesia
iPhone X Lebih Menarik dari iPhone 8, Harga Jadi Kendala
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple akhirnya mengumumkan serangkaian produk ponsel cerdasnya, Rabu (13/9) malam. Ada tiga ponsel cerdas yang meluncur, iPhone 8, 8 plus, dan diakhir acara Apple memberi kejutan dengan mengumumkan iPhone X (baca: iPhone Ten).

Dari tiga ponsel yang diluncurkan Apple ini, iPhone X bisa dibilang jadi tonggak sejarah Apple untuk perayaan satu dekade iPhone kali ini. Sebab, ponsel inilah yang memiliki perbedaan signifikan dari pendahulunya.

Hal ini tampak mulai dari bentuk yang mengutamakan layar besar yang nyaris tanpa tepi dan tidak adanya tombol home yang selama ini menjadi ciri khas iPhone. Hilangnya tombol home juga membuat Apple tak lagi menggunakan TouchID. Sebagai gantinya, ponsel ini menggunakan FaceID.


Hal ini diamini oleh salah satu pengguna setia produk Apple, Aulia Masna. Menurutnya, iPhone X bisa dibilang sebagai puncak inovasi Apple di tahun 2017.

"iPhone X, banyak sekali yang menarik. Apple menghadirkan iPhone X satu tahun lebih cepat dari jadwal. Belum pernah Apple mengeluarkan model yang sama sekali baru di periode yang biasanya disiapkan untuk tidak lebih dari penyempurnaan model sebelumnya," tulisnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu dini hari selepas peluncuran berakhir.

iPhone 8 Tak Banyak Berubah

Sementara iPhone 8 tak banyak mengusung perbedaan dari ponsel-ponsel pendahulunya.

"Kalau dari sisi fisik, perubahannya incremental (sedikit). (Hanya) ganti material dari aluminium ke kaca, bukan perubahan bentuk...iPhone 8 sendiri peningkatannya dari 7 sesuai ekspektasi, yaitu spesifikasi yang ditingkatkan dan kemampuan yang ditambah," jelasnya lagi.

Hal serupa dinyatakan juga oleh Hendra Saputra, salah satu anggota klub penggiat fotografi menggunakan iPhone, iPhonesia.

"(Hal) yang kurang menarik dari iPhone 8 tentu form factornya (bentuknya) yang sama dengan predesesornya (pendahulunya), meskipun mengusung glass body (bodi dari bahan kaca)," tulis Hendra.


Harga Tak Menarik

Meski iPhone X banyak memberi tawaran menarik, namun para penggila produk Apple ini menyatakan soal harga iPhone X yang terlalu tinggi, cukup menyurutkan hasrat mereka untuk memiliki produk ini. Apple membanderol iPhone X sebesar US$999 (sekitar Rp13 juta).

Hal ini disampaikan Putu Aditya Nugraha (@commaditya), salah satu pembuat konten yang gemar menggunakan produk Apple juga mengeluhkan soal harga iPhone yang ia nilai terlalu tinggi.

"Sebenarnya untuk content creator seperti saya, fitur kamera dan video yang diusung iphone 8 dan X adalah sebuah upgrade (peningkatan) yang cocok. Tapi dengan banderol harganya, saya pikir lebih baik invest di kamera atau Macbook Pro."

Hal serupa dikeluhkan Aulia, "(Hal) yang ngga menarik itu harga iPhone X yang dimulai dari $999 . Mungkin tahun depan akan turun jadi lebih terjangkau seperti turunnya harga iPhone 7 dari $699 menjadi $549."

Meski demikian, Hendra menilai mahalnya iPhone X sebagai kewajaran. "Memang lebih mahal ketimbang iPhone biasanya, namun menurut saya masih wajar. Value for money (Nilainya setara dengan uang yang dikeluarkan)."

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Pesta Satu Dekade iPhone
0 Komentar
Terpopuler
CNN Video