Mobil Hybrid Honda Sukses Catat Jarak Terjauh

rayhand purnama , CNN Indonesia | Rabu, 13/09/2017 11:32 WIB
Mobil Hybrid Honda Sukses Catat Jarak Terjauh Ilustrasi mobil Honda. Mobil hybrid Honda mampu menempuh lebih dari 76 km dalam pengujian menengah. Jarak terjauh yang selama ini tercatat (dok. Courtesy Honda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil hybrid Honda, Clarity plug-in tercatat mencapai jarak tertinggi dari jelajah mesin listrik. Dalam penilaian di Amerika yang dilakukan Environment Protection Authority (EPA), Clarity mampu mencapai jarak sejauh 47 mil atau 75,6 km dalam satu kali pengisian baterai.

Jarak tersebut menjadi pencapaian jarak terjauh diantara mobil-mobil hybrid di kelas mid size plug in. Uji coba berlokasi tidak hanya dilakukan pada jalur perkotaan, tetapi juga jalan bebas hambatan.

"Ini adalah mobil dengan kapasitas lima penumpang. Mobil itu juga akan diluncurkan di Amerika Serikat tahun ini," kata Assistant Vice President dari Honda Auto Sales, American Honda Motor Ray Mikiciuk, seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (12/9).


Mobil itu menggunakan mesin berkapasitas 1.5L Atkinson 4 silinder untuk menghasilkan tenaga elektrik, yang pada keadaan tertentu dapat menjadi sumber tenaga langsung. Sehingga menghasilkan rating nilai EPA sebesar 340 mil.

Tenaga elektrik maksimum yang dapat dihasilkan adalah 181 HP dengan torsi 232 lb.-ft yang merupakan kombinasi mesin berbahan bakar minyak dan baterai 70 kWh, dengan waktu pengecasan hanya 2,5 jam untuk 240 volt.


Honda menyediakan beberapa mode berkendara, Normal, Econ dan Sport. Ketiga mode ini berguna untuk penyesuaian, serta memaksimalkan efisiensi dan performa berkendara.

Ada pula mode tambahan, yakni HV mode. Jika mode ini diaktifkan, maka mobil akan menjaga status baterai. Mode ini dapat dipilih bersamaan dengan mode Normal, Econ dan Sport.

Clarity Plug-In Hybrid, adalah bagian dari seri Clarity yang mencakup Clarity Fuel Cell yang mulai dijual pada Desember 2016. Sedamgkan Clarity Electric diluncurkan pada Agustus 2017.