Menjajal Permainan Klasik di Kejutan Ultah Google

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Rabu, 27/09/2017 22:00 WIB
Menjajal Permainan Klasik di Kejutan Ultah Google Google merilis 19 permainan klasik untuk meryakan hari jadinya ke-19. (Foto: Screenshot via google.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada yang menarik dengan cara Google memperingati hari jadinya yang ke-19. Raksasa teknologi ini merilis kejutan kecil untuk penggunanya.

Di hari lahirnya kali ini, Google memunculkan 19 permainan klasik sebagai tema doodle mereka. Kejutan dengan tema "Pemutar kejutan ulang tahun Google" memunculkan permainan klasik yang pernah dibuat Google selama 19 tahun terakhir.

Sejumlah judul permainan klasik seperti Solitaire, PacMan, Snake, dan sejumlah judul permainan lainnya.


Untuk merasakan keseruannya, pengguna cukup mengklik doodle yang muncul. Nantinya, akan muncul alat pemutar berwarna-warni dengan banyak pilihan permainan.

Klik lingkaran untuk memutar dan permaiann ini akan mengacaknya untuk Anda. Google akan memberi kesempatan untuk memainkan permainan yang sudah terpilih dari alat pemutar.

Jika ingin mengganti permainan, pengguna cukup meklik 'putar lagi' untuk menjajal permainan lainnya.

Mengutip Alprh, Larry Page dan Sergey Brin sejak 27 September 1997 lalu mencari cara untuk mengatur informasi di seluruh dunia yang bisa diakses dan berguna secara universal. Namun, Google tidak langsung dibentuk begitu saja hingga setahun kemudian.

Google baru diresmikan berdiri pada 4 September 1998. Hanya saja, raksasa pencarian ini merayakan ulang tahun pertamanya pada 27 September 1998.

Perusahaan asal Mountain View, California ini tercatat memiliki beberapa tanggal keramat sebagai hari jadi mereka. Pada 2004, Google merayakan ulang tahun keenam pada 7 September -- 20 hari lebih awal dari ulang tahun sebenarnya.

Baru di tahun 2006, Google merayakan ulang tahun tepat di hari jadi yang sebenarnya.

Perbedaan tanggal perayaan ulang tahun tersebut tak jarang membuat orang bingung. Bahkan, Google sempat mengungkapkan kebingungan penggunannya dengan cara yang unik.

Ryan Germick, ilustrator Google Doodle sempat memberikan teka-teki mengenai ulang tahun perusahaan.

"Kapan ulang tahun Google? Saya tidak yakin, bahkan kami tahu kalau kami telah merayakannya pada 7, 8,l 26, dan terakhir pada 27 September," ungkapnya.