Sambut Sumpah Pemuda, Wajah Jokowi Akan Hiasi Stiker Line

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 29/09/2017 17:30 WIB
Sambut Sumpah Pemuda, Wajah Jokowi Akan Hiasi Stiker Line Wajah Presiden Jokowi bakal menghiasi stiker dan webtoon Line. (Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Istana akan memeriahkan peringatan Sumpah Pemuda kali ini dengan stiker dan komik tentang Presiden Joko Widodo. Kepala Staf Presiden Teten Masduki mengatakan, hal ini menjadi kerja sama KSP dengan Bekraf, Line, Prambors, Opini.id, dan Kaskus.

"Kami ingin memberikan ruang luas bagi anak-anak muda berkreasi dan memberikan inspirasi," ujar Teten di Bina Graha, Jumat (29/9).

Hal itu ditegaskan Business Development Director Line Indonesia Revie Sylviana. Ia mengatakan Line akan mejadi wadah pemerintah untuk menampung kreativitas anak muda dalam acara Line X Presiden Jokowi.
Acara ini merupakan lomba di antara pembuat stiker dan komik Webtoon. Penilaian akan dilakukan KSP, Line, dan masyarakat. Masyarakat nantinya dapat memilih (voting) stiker dan komik terbaik melalui berbagai platform.


Tiga karya terbaik nantinya diserahkan langsung kepada Jokowi untuk dipilih.

"Pak Jokowi akan menentukan yang akan dipublikasikan kepada publik," kata Revie.
Stiker JokowiStiker Jokowi. (Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie)

Stiker nantinya menggambarkan ekspresi sehari-hari Jokowi, salah satunya adalah saat presiden mempersilakan masyarakat mengambil sepeda. Hal ini sering dilakukan Jokowi baik di Jakarta, maupun di daerah.

Sementara itu, Webtoon akan menceritakan anak muda yang magang di Kantor Staf Kepresidenan dan menceritakan pengalamannya di sana.
Stiker dan Webtoon dipilih menjadi wadah sebab saat ini generasi milenial memiliki caranya sendiri berkomunikasi. Line saat ini tercatat memiliki 90 juta pengguna aktif di Indonesia dengan pengguna mayoritas di bawah 35 tahun.

Sekitar 42 juta stiker terkirim setiap harinya dan 60 juta orang juga telah bergabung dalam Webtoon.

"Ini akan sangat viral apabila menggunakan karakter yang sangat dicintai masyarakat," tuturnya.

Stiker Jokowi diperkirakan sudah dapat diunduh pada 24 Oktober secara cuma-cuma dengan masa pemakaian sekitar dua bulan.