Sennheiser Perkenalkan Produk Penghasil Audio 3D

Kustin Ayuwuragil , CNN Indonesia | Rabu, 04/10/2017 17:54 WIB
Sennheiser Perkenalkan Produk Penghasil Audio 3D Sennheiser memperkenalkan perangkat audio pendukung tren virtual reality (VR). (Foto: CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Merek audio asal Jerman, Sennheiser memperkenalkan serangkaian audio premium untuk mendukung tren konten virtual reality (VR). Dua perangkat Sennheiser AMBEO VR Mic dan AMBEO Smart Headset mampu merekam audio dengan teknologi 3D.

Garry Tjhin, Assistant Product Manager Sennheiser Asia menerangkan bahawa perangkat tersebut dihadirkan karena melihat perkembangan konten video 360 dan 3D yang tidak diiringi dengan suara 3D. Kedua perangkt terbarunya memungkinkan pengguna secara jelas mendengar arah suara ketika memutar konten 360.

"Sekarang banyak konten di YouTube dan Facebook yang sudah 360, tetapi audionya masih 2D belum 3D sehingga suaranya hanya kanan kiri saja (tidak multi dimensi depan belakang jauh dekat). Dengan teknologi AMBEO, Anda akan secara jelas mendengar suara dari sudut manapun seperti 360," kata Tjhin dalam acara Sennheiser Audio Forum di Jakarta, Rabu (4/10).

Sennheiser VR Mic merupakan mikrofon rekaman audio 3D hasil kerjasama dengan pembuat konten virtual reality (VR) yang di Indonesia dibanderol Rp32 jutaan.
Sennheiser Perkenalkan Produk Penghasil Audio 3DFoto: CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil

Lebih lanjut, Sennheiser mengatakan bahwa perangkat -perangkat ini akan menyasar pembuat konten mobile seperti vlogger maupun jurnalis.

Sennheiser merujuk pada riset Reuters Institute for the Study of Journalism bahwa jurnalisme mobile membantu reporter yang membawa perlengkapan kecil untuk lebih dekat dengan narasumber karena narasumber merasa lebih nyaman. Selain itu, Sennheiser percaya bahwa tren kebutuhan terhadap microfon mobile akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya jurnalisme mobile.

Sementara itu, Sennheiser juga bekerjasama dengan Apple untuk meluncurkan AMBEO Smart Headset yang dibanderol dengan Rp5.390.000. Perangkat ini terhubung dengan perangkat iDevices melalui lightning port dan mampu merekam suara 360 derajat pula.

Jurnalisme mobile juga didukung dengan hadirnya MKE2 elements, microfon aksi yang tahan air hingga kedalaman 10meter. Sayangnya, dia hanya kompatibel dengan GoPro Hero4. Semua perangkat ini akan mulai dipasarkan pada Oktober 2017 melalui sejumlah sistem penjualan daring dan toko ritel.