Selain Ponsel, Google Juga Rilis Pixelbook dan Pixelbook Pen

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Kamis, 05/10/2017 19:39 WIB
Selain ponsel, Google turut memperkenalkan laptop Chromebook generasi terbaru Pixelbook dan aksesoris Pixelbook Pen. Google Pixelbook dan Pixelbook Pen menjadi dua perangkat yang turut diperkenalkan Google. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain memperkenalkan kehadiran ponsel Pixel 2 dan Pixel 2 XL, Google juga menghadirkan generasi terbaru Chromebook besutannya. Tak tanggung-tanggung, Google langsung memboyong dua Chromebook sekaligus yakni Pixelbook dan Pixelbook Pen.

Keduanya hadir dengan desain yang diadopsi dari ponsel Pixel, termasuk mengapilkasikan material logam dan kaca serta penggunaan trackpad lebar. Keduanya juga telah dibekali sistem operasi terbaru.

Pixelbook hadir dengan layar QuadHD 12,3 inci dengan aspek rasio 3:2. Berbeda dengan kompetitor yang berlomba membuat bingkai tipis, Google justru membuat bingkai yang agak besar.


Untuk urusan peranti lunak, Pixelbook hadir dalam dua versi. Pertama dibekali proses Core i5 dengan RAM 8 GB ruang penyimpanan 128 GB, kedua dengan prosesor Core i7 dengan RAM 8 GB dan SSD 512 GB. Keduanya dilengkapi dua port USB-C.

Menariknya, Google juga turut membawa gimmick seperti fitur GOogle Assistant, PlayStore, hingga mendukung semua aplikasi pada perangkat Android. Dengan begitu, pengguna bisa berbicara atau mengetikkan perintah dengan bantuan Assistant.

Pixelbook dapat dilipat dan disulap menjadi tablet, seperti yang bisa dilakukan pada laptop Lenovo Yoga. Laptop terbaru Google ini pastinya menawarkan berbagai mode untuk tablet atau laptop.

Google mengklaim baterai Pixelbook mampu bertahan hingga 10 jam hanya dalam sekali isi ulang.

Selain memperkenalkan laptop, Google juga turut memboyong Pixelbook Pen yang memiliki fungsi layaknya Wacom stylus tradisional. Pixelbook Pen mencakup dukungan untuk kedua tekanan atau sudut dan telah dilengkapi baterai AAA.

Pixelbook Pen hanya memiliki tingkat respon (latensi) sebesar 10ms, dan akan bekerja dengan Asisten untuk anotasi.

Sampai saat ini belum diketahui jelas berapa banyak aplikasi bertenaga Android yang mendukung kinerja Pixelbook Pen ini.

Pixelbook rencananya akan dipasarkan seharga US$999 atau sekira Rp13 juta. Sementara Pixelbook Pen dijual terpisah dan dibanderol US$99 atau sekitar Rp1,3 juta.

Kedua perangkat ini akan mulai dikirimkan 31 Oktober mendatang. Preorder sudah bisa dilangsungkan mulai hari ini di beberapa negara.