Browser Microsoft Edge Bakal Muncul di iOS dan Android

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Jumat, 06/10/2017 18:59 WIB
Microsoft memastikan mesin peramban Edge bisa dicicipi dalam versi Beta untuk pengguna Android dan iOS. Microsoft Edge kini tersedia dalam versi Beta untuk perangkat Android dan iOS. (Foto: CNN Indonesia/Mundri Winanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Microsoft akhirnya secara resmi memboyong mesin peramban Edge miliknya ke perangkat iOS dan Android.

Kemunculan Edge versi mobile menjadi jawaban Microsoft setelah gagal dengan Windows Phone. Edge bisa jadi langkah pendekatan Microsoft untuk mengembangkan layanan multiplatform di perangkat milik kompetitor.

"Kami sangat antusias untuk melanjutkan pekerjaan yang kami umumkan di Build dengan membuat PC Windows 10 terhubung dengan ponsel Anda. Microsoft untuk iOS dan Android tersedia mulai hari ini dalam versi Beta," ujar corporate vice president, Windows and Devices, Microsoft Joe Belfiore dalam keterangan resmi.


Sama halnya dengan versi desktop, Edge memiliki desain antarmuka yang hampir sama di perangkat mobile.

Microsoft beurpaya meningkatakan pengalaman pengguna ponsel pintar sehingga nantinya bisa merasa nyaman dengan fitur-fitur seperti Favorite, Reading List, New Tab Page, dan Reading View di PC dan ponsel.

Salah satu nilai tambah Edge memang bisa memberikan kemudahan bagi pengguna melanjutkan penelusuran situs yang sebelumnya diakses melalui perangkat desktop. Saat beralih ke ponsel, pengguna akan disuguhi situs yang sama ketika terakhir membuka desktop atau sekedar menyimpannya untuk dibuka kemudian.

Bagi Anda yang ingin merasakan Edge dalam versi Beta, saat ini sudah tersedia bagi pengguna yang terdaftar menggunakan bahasa Inggris-AS. Pengguna bisa mengunduhnya secara langsung melalui situs resmi Microsoft.

Perusahaan asal Redmond, AS ini berencana merilisnya secara resmi untuk publik dalam waktu dekat.