Usai Borong Rekor, CEO Samsung Electronics Undur Diri

Bintoro Agung , CNN Indonesia | Jumat, 13/10/2017 13:33 WIB
Usai Borong Rekor, CEO Samsung Electronics Undur Diri CEO Samsung Electronics Kwon Oh-hyun memutuskan hengkang dari perusahaan. (Foto: Kim Hong-Ji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berhasil membawa perusahaan menciptakan sejumlah rekor positif, tak membuat CEO Samsung Electronics Kwon Oh-hyun bertahan dari jabatannya. Oh-hyun yang juga menjabat Vice Chairman di Samsung baru saja menyatakan pengunduran dirinya secara resmi.

"Saya yakin sudah waktunya bagi perusahaan tampil dengan semangat baru dan pemimpin muda agar lebih baik menghadapi tantangan di masa depan," kata Kwon seperti dilansir dari Reuters.

Pengunduran Oh-hyun ini tak disangka banyak orang. Sebabnya adalah pria nomor 2 di Samsung Group yang berhasil membawa Samsung mereguk untung begitu besar dari bisnis manufaktur cip. Laporan sebelumnya menyebut profit berjalan kuartal tiga Samsung Electronics hampir tiga kali lipat dari tahun sebelumnya. Besarnya profit itu tak lepas dari harga cip yang sedang melambung tinggi.

Perlu diketahui bahwa Samsung Electronics merupakan salah satu penyuplai terbesar kebutuhan cip memori ke vendor ponsel cerdas dan perangkat mobile lain. Bahkan tak hanya cip, tapi juga sejumlah komponen elektronik lain seperti flash memory dan RAM. Salah satu klien mereka adalah Apple.

Pada iPhone X yang jadi ponsel paling canggih milik Apple saat ini, Samsung bahkan jadi penyuplai satu-satunya untuk OLED yang menghiasi layar iPhone X.

"Kami beruntung membukukan rekor pendapatan saat ini, tapi ini buah dari keputusan dan investasi di masa lalu; sekarang kami bahkan tak bisa mencari mesin penghasil pertumbuhan dengan membaca tren saat ini," terang Kwon.

Kwon yang juga kerap dipanggil Mr.Chip, sejatinya diharapkan menggantikan peran nomor satu di Samsung Group setelah Jay Y. Lee ditangkap karena kasus suap pada Februari lalu.

"Saya khawatir akan ada kekosongan kepemimpinan ketika Lee tak lagi ada di manajemen," kat Chung Sun-sup, kepala perusahaan riset Chaebul.com.

Kendati demikian, pengunduran Kwon ini tak berlaku dalam waktu dekat. Setidaknya ia masih duduk di jabatannya hingga Maret 2018. (evn)