Bedanya Fitur Baru Berbagi Lokasi Whatsapp

Eka Santhika, CNN Indonesia | Jumat, 20/10/2017 09:35 WIB
Bedanya Fitur Baru Berbagi Lokasi Whatsapp Whatsapp punya fitur berbagi lokasi baru. Dengan fitur ini, pengguna bisa membiarkan orang lain untuk menguntit perjalanan mereka (dok. Kiky Makkiah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Whatsapp luncurkan fitur baru Live Location. Fitur ini kini sudah bisa digunakan oleh pengguna di Indonesia. Dengan fitur ini kamu bisa berbagi lokasi kamu berada saat ini dengan siapapun di Whatsapp. Lantas apa bedanya dengan berbagi lokasi yang sebelumnya sudah ada?

Fitur baru ini membuat orang yang dibagi lokasi secara live bisa ikut menelusuri perjalanan pengguna. Tak cuma berbagi lokasi sesaat. Selain itu, pengguna juga bisa menentukan sendiri sampai kapan mereka ingin dikuntit. Terdapat pilihan "Stop Sharing" untuk menghentikan layanan berbagi lokasi.

"Sekarang (kalau lagi dijalan) nggak bisa ngeles bilang 'otw' (sedang dijalan) lagi yak," komentar Mursyid Kasmir Naserly, salah seorang pengguna Whatsapp soal fitur baru ini, Jumat (20/10).

Pilihan lain adalah pengguna memilih untuk beberapa lama mereka ingin dikuntit. Whatsapp menyediakan pilihan 15 menit, 1 jam, hingga 8 jam. Tapi, harap pertimbangkan kondisi baterai saat menggunakan fitur ini. Sebab, berbagi lokasi cukup menguras baterai.


Saat tengah menguntit seseorang, pengguna lainnya juga akan mendapat peringatan untuk melakukan pengisian baterai jika sisa baterai mereka 'sekarat'.

Whatsapp mengklaim kalau fitur ini dilindungi dengan end-to-end encryption agar data lokasi real-time pengguna tidak disadap pihak ketiga.

Cara pakai

Bedanya Fitur Baru Berbagi Lokasi WhatsappUntuk menggunakan Live Location, pengguna bisa memilih Share Live Location, memilih berapa lama ingin dikuntit, dan menghentikan berbagi lokasi kapan saja setelah lokasi dibagikan (dok. Screenshot via Aplikasi Whatsapp)

Untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna juga harus memperbolehkan Whatsapp untuk selalu memantau lokasi pengguna. Jika Whatsapp diatur untuk melacak saat aplikasi digunakan atau tidak melacak sama sekali, maka fitur ini tak dapat digunakan.

Setelah pengaturan disesuaikan, pengguna bisa langsung berbagi lokasi mereka secara 'live' dengan memilih opsi 'Location' atau 'Lokasi' saat membuka grup atau pesan personal di Whatsapp.

Selanjutnya akan muncul pilihan 'Share Live Location' dibagian paling atas. Saat fitur ini dipilih, akan muncul pilihan berapa lama lokasi akan dibagikan. Pengguna juga bisa memasukkan komentar saat membagikan lokasi. Ketika sudah dibagikan, pengguna bisa menekakan 'Stop Sharing' untuk menyelesaikan berbagi lokasi.

Fitur lawas

Fitur ini memang tidak terlalu inovatif, sebab beberapa layanan lain sudah pernah meluncurkannya terlebih dulu. Awal tahun ini, Google Maps sudah meluncurkan fitur serupa. Google memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi dengan pengguna lain yang ada di kontak Google. Sehingga, fitur ini tak terbatas bagi pengguna aplikasi tertentu saja. 

Tengah tahun ini, Snapchat juga punya fitur berbagi lokasi secara live lewat fitur Snap Map. Sementara induk Whatsapp sendiri, Facebook, juga menyematkan fitur yang sama untuk Facebook Messenger pada Maret tahun ini.