Apple Pecat Karyawan Karna Video iPhone X Bocor Sebelum Rilis

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Senin, 30/10/2017 02:33 WIB
Apple Pecat Karyawan Karna Video iPhone X Bocor Sebelum Rilis Apple dilaporkan memecat salah satu pegawainya setelah video anak pegawai yang memperlihatkan desain iPhone X sebelum rilis jadi viral di YouTube.(Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple dilaporkan memecat salah satu pegawainya setelah video anak pegawai tersebut jadi viral di YouTube. 

Brooke Amelia Peterson, anak pegawai yang dipecat Apple mengunggah vlognya awal minggu ini. Vlog tersebut berisi perjalanannya ke kampus Apple untuk mengunjungi ayahnya. 

Tak cuma itu, dia pun ‘mengintip’ dan merekam video penampakan iPhone X yang belum dirilis. Video tersebut akhirnya diambil oleh sebuah situs 9to5Mac dan menyebar cepat di YouTube.  


Arena video yang menyebar viral itu, Peterson menglaim bahwa ayahnya dipecat. Mengutip The Verge, dalam video terbarunya, sambil berurai air mata, Peterson menjelaskan bahwa ayahnya melanggar peraturan Apple dengan mengizinkankannya merekam handset yang belum dirilis Apple. 

Dia juga mengungkapkan bahwa Apple memintanya untuk menghapus videonya, namun semua itu sudah terlambat karena sudah menyebar. 

Videonya sendiri mungkin terlihat seperti video biasa, namun di dalamnya mencakup cuplikan iPhone X hands-on dengan QR code khusus karyawan. Tak cuma itu, sebuah aplikasi catatan juga terlihat di layar iPhone X dalam video tersebut. Catatan ini menampilkan kode nama produk Apple yang belum dirilis. 

Tak dimungkiri, merekam video di dalam kampus Apple memang diarang ketat. Demikian pula dengan merekam iPhone X yang belum dirilis adalah sebuah pelanggaran aturan. 

Pegawai Apple ini sudah bekerja di perusahaan tersebut selama empat tahun. Dia akut membangun RF iPhone dan desain sirkuit nirkabel. 

Terkait pemecatan ini, The Verge mencoba menghubungi Apple untuk mengonfirmasi. Namun sampai saat ini, Apple belum memberikan tanggapannya. 

Ini bukan pertama kalinya perusahaan teknologi memecat karyawannya. Seorang karyawan Microsoft dipecat setelah anaknya mengunggah foto Xbox 360 sebelum diluncurkan. 

[Gambas:Youtube]
(chs/chs)


ARTIKEL TERKAIT