Membedah 'Harga Selangit' Satu Unit iPhone X

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Rabu, 01/11/2017 07:41 WIB
Membedah 'Harga Selangit' Satu Unit iPhone X Harga selangit iPhone X ternyata dianggap belum sebanding dengan harga jual semestinya. (Foto: Justin Sullivan/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- iPhone X menjadi ponsel cerdas pertama Apple yang harganya menyentuh angka USD1.000. Dibanding para kompetitor, harga itu cukup 'gila' untuk satu unit ponsel cerdas.

Namun bila ditilik lebih jauh, sebuah iPhone X bisa lebih mahal dari angka tadi. Mengutip laporan Gordon Kelly dari Forbes, satu iPhone X ternyata bisa menguras biaya hingga USD1.371 atau sekitar Rp18,6 juta.

Kelly mendapat angka itu dari sejumlah elemen yang diperlukan oleh iPhone X, mulai dari aksesoris hingga biaya asuransi dan asumsi iPhone X yang dibeli adalah model paling murah yakni tipe 64 GB dengan harga USD999.

AppleCare+, program asuransi dari Apple, sebenarnya punya tawaran beragam. Untuk iPhone X, biaya AppleCare+ mencapai USD199, lebih mahal dari iPhone 8 atau 8 Plus yang seharga USD129 dan USD150.

Lalu untuk aksesoris di iPhone X, harganya pun lebih mahal ketimbang aksesoris biasa di iPhone. Perbedaan teknologi jadi penyebab makin mahalnya aksesoris.

Misalnya untuk fast charger, yang oleh Apple tak diberikan dalam satu paket penjualan iPhone X. Satu unit fast charger berkabel dihargai USD50. 

Sementara itu, karena iPhone X memakai port USB-C  maka calon pembelinya harus memiliki kabel konverter lighting ke kabel USB-C yang harganya sekitar USD25 AS untuk yang panjangnya 1 meter.

Terakhir, agar fitur pengisian baterai nirkabel di iPhone X nanti terpakai optimal, calon konsumen memerlukan tatakan Apple AirPower yang harga masih diperkirakan di sekitar USD99 hingga USD150. 

Semua biaya 'sampingan' membuat harga iPhone X membengkak hingga USD1.371 atau sekitar Rp18,6 juta dengan kurs saat ini. Padahal rincian harga ini masih dibuat berdasarkan pilihan paling murah dari setiap aksesoris ponsel dan belum memperhitungkan pajak dan biaya reparasi yang mungkin diperlukan nanti.

Mungkin untuk iPhone kali ini ada baiknya dipertimbangkan dua kali. Namun hal itu sepertinya tak jadi masalah bagi para pengguna loyal Apple. Pasalnya pemesanan awal iPhone X disebut laris-manis, hingga berakibat pada melejitnya nilai saham perusahaan di bursa.