Peramban Samsung Kini Tersedia untuk Semua Pengguna Android

Eka Santhika, CNN Indonesia | Rabu, 01/11/2017 09:38 WIB
Peramban Samsung Kini Tersedia untuk Semua Pengguna Android Ilustrasi Samsung. Samsung membuat peramban mobilenya kini bisa tersedia untuk publik. (dok. REUTERS/Kim Hong-Ji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Peramban Samsung kini tersedia untuk seluruh ponsel Android yang menggunakan Android 5.0 ke atas. Peramban yang dinamakan Samsung Internet ini dapat ditemukan di Play Store atau Galaxy Apps Store. Sebelumnya peramban ini hanya tersedia di ponsel Samsung, Nexus, dan Pixel.

Menariknya, peramban ini telah dilengkapi dengan fitur pemblokiran iklan. Hal ini yang bisa membedakan peramban perangkat mobile Samsung dengan peramban lainnya. Dengan adanya fitur ad blocker ini, aktivitas pengguna di peramban tak bisa dilacak.

Fitur ini bisa berguna buat pengguna yang merasa kenyamanan berselancarnya terganggu dengan tampilan iklan. Pernah melihat iklan yang berisi konten dari produk di situs e-commerce yang pernah kita kunjungi sebelumnya? Teknologi ad tracker ini juga diblok oleh peramban Samsung tersebut.


Pengguna bisa mengunduh dan memasang layanan pemblokir iklan. Peramban akan memberikan saran pengeblok apa saja yang bisa digunakan. Samsung juga memiliki ad blocker bawaan yang dibuat oleh Disconnect Inc, seperti disebutkan TechCrunch.

Untuk mengaktifkan fitur ini, tinggal menyalakan tracking blocker. Tapi, jika tengah menggunakan Mode Rahasia, fitur pengeblok ini sudah tersedia secara default.

Ekstensi ini dibuat oleh Disconnect, ia adalah perusahaan perlindungan privasi. Bulan lalu, Apple melarang pelacakan iklan pada Safari versi mobile dan desktop.

Samsung Internet juga menyediakan mode malam dan mode high contrast. Untuk mengaktifkan Night Mode, pengguna memencet icon pada kanan atas dan aktifkan "Turn on Night Mode". Mode ini akan mengubah latar putih menjadi hitam dan teks hitam menjadi putih. Kecerahan layar juga dikurangi agar lebih nyaman dimata.

Sementara High Contrast memberi tampilan serupa Night Mode, namun alih-alih meredupkan layar fitur ini malah meningkatkan kecerahan layar. Hal ini dilakukan agar penguna lebih jelas melihat tampilan. Untuk mengaktifkan mode ini pilih Setting-> Accessibility, demikian Android Central.