Google Assistant Kini Bisa Kenali Lagu seperti Shazam

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Selasa, 07/11/2017 14:37 WIB
Google Assistant Kini Bisa Kenali Lagu seperti Shazam Google Assistant kini memiliki kemampuan mengenali lagu yang sedang diputar. (Dok. Google.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google kini punya fitur identifikasi lagu serupa aplikasi Shazam. Bedanya, Google tidak membuatnya dalam aplikasi baru melainkan ditanamkan di Google Assistant.

Fitur pengenal lagu ini dilaporkan pertama kali di forum Reddit. Seorang pegguna melampirkan tangkapan layar dengan pertanyaan "what's this song". Dari tangkapan layar itu terlihat Assistant berhasil mengetahui lagu, artis, album, tahun rilis, hingga genre.

Pengguna Reddit lain seperti di Perancis dan Malaysia juga melaporkan fitur ini telah tiba di perangkatnya masing-masing.

CNNIndonesia.com mencoba melakukan hal serupa dengan ponsel Pixel. Saat dicoba berkali-kali fitur tersebut bekerja dengan baik.

Google Assistant mampu mengenali beragam lagu mulai dari tembang populer di internasional, lagu lawas, hingga musik indie lokal. Tak hanya mengenali lagu, Assistant juga menampilkan beberapa bait lirik.
Google Assistant Kini Bisa Kenali Lagu seperti ShazamFoto: Google

Cara kerjanya pun cukup sederhana seperti disebutkan di atas, cukup bertanya "what's this song" ke Assistant lalu dekatkan ponsel ke sumber suara. Secara prinsip agak mirip dengan Shazam. Bedanya, di Shazam kita cukup menekan tombol biru di aplikasi sebelum menyodorkan ponsel ke sumber suara.

Dibanding Shazam, identifikasi lagu lewat Assistant punya satu kelebihan yakni kita tak perlu mengunduh aplikasi. Sebab seperti diketahui, Google Assistant bisa diakses di semua ponsel Android.

Kendati demikian Google belum mengumumkan secara resmi apakah fitur tersebut benar-benar bisa dipakai di semua ponsel Android.


(evn)