Melihat 'Tunggangan' Trail Jokowi dari Papua Hingga Bekasi

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 08/11/2017 08:00 WIB
Melihat 'Tunggangan' Trail Jokowi dari Papua Hingga Bekasi Kawasaki KLX 150 BF SE kembali menjadi pilihan tunggangan Presiden Jokowi saat menjelajah di kawasan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, pekan lalu. (Biro Pers Setpres/Laily Rachev)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kawasaki KLX 150 BF SE (Special Edition) kembali menjadi pilihan tunggangan Presiden Joko Widodo saat menjelajah di kawasan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, pekan lalu.

Bersama rombongan yang juga memakai sepeda motor serupa, Jokowi meninjau tambak udang dan lahan hutan mangrove. Bedanya, trail yang digunakan Jokowi dilengkapi dengan plat nomor RI 1.

Selain menjelajah menggunakan motor trail di Bekasi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga sebelumnya berkeliling mengenakan tunggangan yang sama saat kunjungan di Papua pada Mei lalu.


Saat itu Jokowi didampingi oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono.

Motor trail dinilai cocok digunakan untuk melintas di berbagai medan. Dibalut ban khas motor trail, berkendara bakal semakin nyaman ketika masuk jalur bergelombang, berpasir, maupun basah berlumpur.

Dikutip dari laman resmi Kawasaki, motor tersebut memang menawarkan pengendara untuk menjelajah disegala medan. Badan motor yang ramping serta posisi jok rendah, bakal membuat pengendara semakin nyaman dan mudah untuk mengontrol motor.

Velg yang digunakan yakni berukuran 21 inci di bagian depan dan belakang 18 inci. Motor tersebut dibekali suspensi depan upside-down.

Ada perbedaan dari tipe SE dengan KLX lain, yaitu pada penamban Hand Guard, Engine Guard, serta warna hitam pada bagian badan dan velgnya.


Sementara untuk jantung pacunya, motor dibekali dengan mesin berkubikasi 144cc SOHC, dua valves, air-cooled dan empat stroke single. Dengan perpaduan transmisi manual lima percepatan, tenaga yang dihasilkan sebesar 12 Ps dan torsi maksimal 11,3 Nm.

Motor ini memang dibandrol lebih mahal ketimbang KLX versi standar. Varian yang ditunggangi Jokowi dihargai Kawasaki seharga Rp34.4 juta on the road Jabodetabkeser. (asa/asa)