iPad Pro Terbaru Diprediksi Usung Desain iPhone X

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Jumat, 10/11/2017 04:44 WIB
iPad Pro Terbaru Diprediksi Usung Desain iPhone X Apple dikabarkan bersiap mengadopsi desain dan fitur khas iPhoe X untuk iPad Pro terbaru yang akan diperkenalkan 2018 nanti. (REUTERS/Bobby Yip)
Jakarta, CNN Indonesia -- Absennya tombol ‘Home’ pada iPhone X sempat mentia rasa pensaram sekaligus cibiran di kalangan penggila perangkat pintar. Hal itu tak lantas menyurutkan Apple untuk tak menghentikan langkahnya menyodorkan desain tanpa tombol ‘Home’ dan layar nyaris tanpa bingkai.

Kali ini, Apple dikabarkan bersiap memboyong konsep serupa untuk iPad Pro terbarunya yang akan dirilis pada 2018 nanti. Bukan hanya desain, fitur Face ID yang menjadi jagoan utamanya disebut-sebut bakal turut melengkapi iPad generasi terbaru.

Mengutip Mashable, penambahan fitur Face ID ini tersirat dari reporter Apple Mark Gurman yang menyatakan bahwa nantinya iPad generasi teranyar akan menggunakan teknologi kamera TrueDepth.

Meski tidak secara langsung mengatakan bahwa Face ID akan hadir dalam iPad versi terbaru nanti, namun dengan hadirnya fitur kamera TrueDepth cukup memberikan pertanda baik karena kamera inilah yang memungkinkan fitur terbaik iPhone X seperti Face ID, animoji dan fitur-fitur wah lainnya yang membutuhkan teknologi TrueDepth.

"Saat ini, Apple tengah bekerja untuk iPad versi premium yang sudah didesain ulang untuk secepatnya dirilis pada 2018, yang nantinya akan menggunakan beberapa fitur utama iPhone X seperti bezel yang lebih tipis dan kecil serta teknologi yang memungkinkan dawai untuk mengenali wajah pengguna," tegas Gurman.

Hilangnya tombol ‘Home’ disebut oleh salah seorang sumber terdekat juga akan berimbas pada bingkai di bagian atas dan bawah layar. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010, iPad menjadi salah satu produk yang tak persah mengalmi perubahan siginifikan pada desainnya. 

Perusahaan asal Cupertino ini kabarnya juga akan menggunakan layar OLED pada iPad terbarunya demi mempertegas warna dan tampilan. Secara tak langsung, sejumlah perubahan ini tenta akan berimbas pada harga jual iPad yang diprediksi akan semakin mahal.

Terlepas dari sisi desain, iPad Pro terbaru juga akan dibekali penigkatan pada ‘jeroannya’. Mulai dari prosesor, GPU, hingga stylus untuk memudahkan penggunanya menuangkan ide-ide kreatif.

Dilaporkan Bloomberg, iPad sempat menjadi produk nomo dua terlaris pada 2015. Secara perlahan, permintaan mulai menurun dan Apple ikut merasakan imbas merosotnya penjualan tablet hingga 17 persen dalam tiga tahun terakhir.


(evn)