Honda Ungkap Rencana Rakit Motor Listrik dan Hybrid

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 14/11/2017 09:51 WIB
Honda Ungkap Rencana Rakit Motor Listrik dan Hybrid Ilustrasi: Honda mengungkap rencana merakit motor listrik dan hybrid di Indonesia. (dok. CNN Indonesia/Rayhand Purnama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Honda sempat memamerkan skutik bongsor, PCX di Jepang akhir Oktober lalu. Menariknya, skutik ini bermesin hybrid dan full listrik. Kemunculan PCX lantas memicu rasa penasaran kapan produk ini akan diboyong ke Indonesia.

Saat dikonfirmasi, Astra Honda Motor (AHM) memastikan kalau PCX hybrid dan listrik akan mengaspal di jalanan tanah air. Kendaraan itu bahkan akan dirakit dan diproduksi secara utuh di Indonesia.

"Ya memang terkait dengan PCX (hybrid dan listrik) yang udah diluncurkan kami rencana produksi di Indonesia," kata Direktur Marketing Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya saat ditemui di kawasan Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (9/11). 

Sebelum resmi memproduksi dan memasarkan PCX hybrid dan listrik, Thomas mengaku pihaknya masih memerlukan waktu untuk melakukan sejumlah kajian mendalam. Mulai dari harga jual, kondisi pasar, hingga dukungan infrastruktur yang disediakan oleh pemerintah.

"Kami masih studi, mulai dari melihat pasar, schema haag, hingga renbaan (trek balap). Apakah akan diboyong bersamaan (hybrid atau listrik), mana yang duluan kami akan luncurkan," imbuhnya.

Ketika disinggung terkait rencana harga jual, ia mengaku pihaknya belum bisa menentukan apakah akan lebih murah atau tidak dari harga PCX konvensional yang dipasarkan seharga Rp40 juta.

PCX listrik dan hybrid rencananya akan mulai dipasarkan ke sejumlah negara di Asia pada 2018. Meski telah membocorkan penampakan PCX listrik, sejauh ini Honda masih belum memberikan informasi detail untuk versi hybrid.

Mengutip Motorcycle, PCX versi hybrid kabarnya akan menggendong mesin satu slinder berpendingin radiator dengan baterai ulang akan dibantu ACG Starter untuk menunjang kinerja mesin.


(evn)