Tips Otomotif

Penyebab Kehilangan Mobil yang Tak Bisa Diklaim Asuransi

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Sabtu, 11/11/2017 13:08 WIB
Penyebab Kehilangan Mobil yang Tak Bisa Diklaim Asuransi Ilustrasi: Ada beberapa penyebab kehilangan yang membuat perusahaan asuransi tak menyetujui permohonan klaim. (dok. CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Keputusan mendaftarkan kendaraan pada layanan asuransi tentu bertujuan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang membutuhkan dana besar. Hanya saja, kondisi kehilangan kendaraan karena alasan tertentu bisa menjadi penyebab klaim asuransi tidak cair.

Kepala PR dan Pemasaran Komunikasi Asuransi Astra Iwan L Pranoto, mengatakan batalnya klaim karena kehilangan kendaraan tergantung dengan penyebab. Misalnya, kendaraan hilang dengan faktor kesadaran dari pemilik asuransi.

"Misal kamu punya teman, udah percaya. Lalu minjam mobil dan dikasih. Tiba-tiba mobil dibawa lari. Nah itu tidak akan ditanggung," kata Iwan kepada CNNIndonesia.com.

Ia menjelaskan, hal itu termasuk ke dalam kategori pemilik kehilangan kendaraannya bukan karena unsur paksaaan dan tidak termasuk ke dalam kategori pencurian.

Hal yang sama menurutnya juga kerap ditemui pada kasus kehilangan kendaraan di kalangan pengusaha rental mobil. Banyak dari mereka yang mengaku mobil sewaannya dibawa kabur oleh konsumen.

“Kalau kasus itu masuknya penggelapan dan tidak akan diklaim. Pihak rental memberikan mobilnya kan baik-baik saja, tidak ada unsur pemaksaan apapun,” terangnya.

Untuk kasus klaim asuransi akibat kehilangan, menurutnya perusahaan juga memiliki tim investigasi. Tugas utamanya tentu melakukan pengecekan laporan kehilangan dengan berbagai macam penyebab.

“(Kehilangan mobil) karena dirampok sekalipun, akan tetap kami investigasi. Apa jangan-jangan sengaja dirampok, padahal engga,” tuturnya.


(evn/evn)