Oppo F5 Muncul, Andalkan Kecerdasan Buatan di Kamera Depan

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Senin, 13/11/2017 21:21 WIB
Oppo F5 Muncul, Andalkan Kecerdasan Buatan di Kamera Depan Oppo F5 kamera depan dengan sensor 20 MP bukaan f/2.0 dan dibekali kecerdasan buatan berupa teknologi Beauty Recognition (dok. CNNIndonesia.com/ sat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Oppo akhirnya meluncurkan ponsel terbarunya F5. Masih dengan kemampuan andalan di kamera depan dengan sensor 20 MP bukaan f/2.0 dan telah dibekali kecerdasan buatan berupa teknologi Beauty Recognition.

Teknologi ini diklaim bisa mempelajari keunikan wajah pengguna saat mengambil swafoto. Oppo mengklaim menjadi yang pertama mengakomodir kecerdasan buatan demi mengakomodir kebutuhan berswafoto pengguna.

"Setiap orang memiliki perbedaan kulit, dan kecocokan sendiri dengan efek kamera. Dengan menaikkan Aperture dan resolusi tidak bisa mengatasi masalah tersebut," kata Suwanto, Marketing Planning Manager Oppo Indonesia disela peluncuran di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin (13/11).


Kecerdasan buatan ini ditenagai sensor yang mendeteksi 200 spot wajah. Selanjutnya, kecerdasan buatan akan menganalisa warna kulit, tipe wajah, usia dan jenis kelamin pengguna.

"Ini uniknya, teknologi ini akan bereaksi seperti otak manusia. Kita tidak hanya bekerjasama dengan pengembang AI, tetapi juga fotografer, dan make-up artist (MUA)," lanjut Suwanto.

Selain untuk berswafoto, ia mengklaim teknologi besutannya juga bekerja saat melakukan grup selfie dengan mengkalkulasi efek yang berbeda dari setiap wajah dalam satu frame. AI ini juga bisa digunakan dalam video.

Fitur pengenal wajah dan sidik jari

Oppo F5 Muncul, Andalkan Kecerdasan Buatan di Kamera DepanKecerdasan buatan diklaim akan menganalisa warna kulit, tipe wajah, usia dan jenis kelamin pengguna (dok. CNNIndonesia.com/ sat)

Serupa dengan kompetitor, Oppo turut memboyong teknologi pengenal wajah dan pembaca sidik jari untuk mengamankan data. Suwanto menyebut pihaknya ingin memastikan hanya pengguna yang bisa mengakses data dalam ponsel.

Selain kamera depan, pabrikan asal China ini memastikan telah membekali kamera belakang 16MP dengan apertur f/1.8 dan efek bokeh.

Desain dan spesifikasi lain

Mengikuti tren tanpa bezel, Oppo F5 memiliki layar full HD 6 inci dengan resolusi 2160x1080, 401 ppi, dan aspek rasio 18:9 sehingga memuat gambar 12,5 persen lebih lebar.

Tak ada tombol home fisik di ponsel ini, bahkan pengguna juga bisa menghilangkan tombol virtual jika menginginkannya. Untuk kembali ke menu sebelumnya, pengguna hanya perlu swipe layar ke atas.

Baterai berkapasitas 3.200mah diklaim mampu bertahan selama 12 jam. Oppo F5 didukung oleh prosesor MediaTek MT6763T dengan sistem operasi Android 7.1 RAM 4/ 6 GB, memori 32/ 64 GB serta antarmuka ColorOS 3.2.

Menariknya, Oppo F5 juga hadir untuk mengakomodir anak muda dengan spesifikasi lebih rendah yakni RAM 3GB dan ROM 32GB. Kamera depannya lebih kecil dengan 16MP dan kamera belakang 13MP.

Oppo F5 dengan RAM lebih besar dibanderol Rp5,2 juta sementara varian dengan warna hitam dan gold yang memorinya lebih kecil dijual seharga Rp4 juta. (sat/evn)